Home Gaya hidup Duh, Ternyata Pakai Kacamata Bisa Bikin Kamu Jerawatan!

Duh, Ternyata Pakai Kacamata Bisa Bikin Kamu Jerawatan!

TELENEWS.ID – Kacamata menjadi alat bantu lihat yang cukup efektif. Selain itu bagi beberapa orang, kacamata juga menjadi aksesoris yang harus ada setiap kali mereka keluar rumah. Namun tahukah kamu bahwa ternyata kacamata juga bisa memicu timbulnya jerawat?

Jika selama ini kamu mengkonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, menjaga kebersihan pribadi dan rajin mencuci muka serta menggunakan skincare namun jerawat masih muncul, bisa saja itu akibat dari kacamata yang kamu kenakan. Mengapa bisa seperti itu?

Kulit setiap orang berbeda, dan apapun mulai dari perubahan produk perawatan kulit, hingga pemakaian masker dan kacamata; dapat berdampak pada kulit, bisa menyebabkan jerawat dan iritasi.

Menurut dokter kulit Jaggi Rao, MD, minyak dan bakteri pada kacamata dapat dengan mudah berpindah, menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

“Meski hanya menyentuh kacamata, itu bisa berarti memindahkan kuman ke wajah dan pada awalnya akan memicu munculnya beberapa jerawat. Jerawat tidak akan pernah benar-benar sembuh, jika kamu terus menyentuh kacamata dan membuatnya semakin kotor setiap saat,” kata Dr. Rao.

Dokter Rao juga memperingatkan bahwa kebiasaan menyentuh kacamata dengan tangan yang mungkin kotor dan penuh kuman, akan membuat jerawat yang sudah ada di wajah menjadi meradang. “Kamu tidak hanya akan berjerawat terus-terusan, tetapi kamu juga akan membuat jerawat yang sudah ada di wajah menjadi semakin parah” kata dokter Rao.

“Jika ini terjadi setiap hari untuk waktu yang lama, karena kebanyakan dari kita menaikkan kacamata pada berbagai kesempatan setiap hari; seharusnya tidak mengherankan bahwa kita mungkin mengalami jerawat parah yang terus-menerus di seluruh wajah” ujarnya menambahkan.

Meski aneh, namun faktanya wajah secara alami terpapar kotoran dan bakteri sepanjang hari, mulai dari polusi dan riasan hingga keringat dan minyak berlebih. Saat kamu memakai kacamata, polutan ini bisa terperangkap oleh kacamata di kulit. Selama jangka waktu yang lama, kondisi ini dapat mengiritasi kulit, mengakibatkan pori-pori tersumbat dan berjerawat di sekitar area di mana kacamata menyentuh wajah.

Baca juga :  Wajib Dicoba, 5 Tips Ini untuk Mengatasi Jerawat yang Mendadak Muncul di Musim Hujan

Jenis jerawat yang muncul karena pemakaian kacamata ini disebut acne mekanika, yang mengacu pada jerawat yang disebabkan oleh tekanan tambahan pada kulit yang mencegah pengelupasan normal sel-sel kulit. Sebaliknya sel-sel kulit tersebut dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat dan noda hitam. Hal ini dapat diperparah oleh aktivitas sehari-hari yang kita jalani, seperti berada di cuaca panas atau berkeringat saat berolahraga.

Untuk memastikan kulit sembuh dan bebas jerawat saat memakai kacamata, Dr. Rao mengatakan untuk membersihkan kacamata sepanjang hari. Pembersihan ini berlaku pada bagian earpiece, yang bisa berminyak dari rambut dan menyebar ke wajah, frame atau bingkai kacamata, bantalan hidung, dan di semua area yang tersentuh oleh frame kacamata.

“Untuk membersihkan semua bagian kacamata, pilihlah untuk menggunakan air hangat dan sabun desinfektan. Kemudian keringkan dengan kain lembut,” begitu saran dokter Rao. “Jika kamu benar-benar ingin memerangi jerawat, bersihkanlah dua kali sehari.” Dengan menambahkan langkah ini ke rutinitas harian skincaremu, jerawat akan hilang untuk selamanya.

Baca juga :  Sabun Batang vs Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik Untuk Kulit? Baca Jawabannya di Sini!

Kamu juga dapat mencoba mulai memakai beberapa produk baru ke rutinitas perawatan kulit yang mencakup bahan-bahan penangkal jerawat seperti asam salisilat, asam glikolat, atau niacinamide. Skincare dengan kandungan tea tree oil dan jojoba, sangat baik untuk kulit yang rentan jerawat. Keduanya akan menjadi tambahkan minyak alami pada kulit, untuk membantu menyehatkan kulit.

Tip lainnya adalah dengan rehat sementara dari kacamata yang biasa kamu kenakan, dan menyimpannya dalam wadah yang bersih saat tidak digunakan. Kamu dapat mencoba memakai lensa kontak sebagai gantinya, untuk memberi waktu bagi kulit untuk bernapas. Selain itu pastikan untuk tidak menyentuh atau membenarkan kacamata dengan tangan yang kotor guys. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...