Home Metropolitan Efek Domino Perubahan Nama Jalan di DKI Jakarta

Efek Domino Perubahan Nama Jalan di DKI Jakarta

TELENEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengganti beberapa nama ruas jalan yang ada di DKI Jakarta. Tentu saja, pergantian nama jalan di saat HUT DKI Jakarta tersebut memiliki dampak di masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta. Kebijakan Anies tersebut akan membuat warga kesulitan karena harus mengubah data kependudukan seperti misalnya KTP dan juga Kartu Keluarga.

“Perubahan nama jalan pasti berdampak sistemik, semua data administrasi warga akan berubah semua dan itu akan membuat masyarakat kesulitan. Ini Pemprov DKI mau tidak mau harus tanggung jawab,” kata Hardiyanto Kenneth, Anggota DPRD Fraksi PDIP DKI Jakarta dikutip dari Antara, Minggu (26/6/2022).

Perubahan nama jalan ini memang memberi kabar gembira kepada warga Betawi karena nama tokohnya diabadikan menjadi nama jalan. Namun di sisi lain, warga juga harus dibuat repot karena ada beberapa data administrasi kependudukan yang harus diubah. Pemprov DKI memang menggratiskan biaya administrasi kependudukan. Akan tetapi, warga tentu saja tidak ingin dibuat repot untuk mengurus berkasnya.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa perubahan data wilayah, termasuk di dalamnya pergantian nama jalan akan berakibat pada perubahan administrasi data kependudukan.
“Contoh seperti di DKI Jakarta, kalau ada perubahan nama jalan, KK kita buat yang baru, KTP dibuat yang baru, kartu identitas anak dibuat yang baru,” kata Zudan melalui keterangan tertulis, Jumat (24/6).

Tidak hanya data kependudukan yang harus diperbarui, perubahan data pada dokumen seperti BPKB dan juga STNK harus dilakukan. Kasubdit Ditregident Korlantas Polri, Kombes M Taslim Chairudin menyebutkan bahwa pihaknya melayani perubahan data dokumen pada BPKB, dan juga STNK jika memang ada perubahan data. Namun, yang membedakan dengan perubahan data kependudukan, jika dokumen kendaraan harus mengeluarkan biaya untuk mengganti material STNK. Karena penggantian STNK ini masuk dalam PNBP atau Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Baca juga :  Jelang Akhir masa Jabatan, Anies Berangkat ke Eropa

Beragam Reaksi Masyarakat

Banyak masyarakat yang menilai bahwa perubahan nama jalan ini hanya akan membuat sulit urusan administrasi mereka, tidak hanya kependudukan, namun juga administrasi lainnya seperti dokumen kendaraan. Selain itu, bagi mereka yang memiliki usaha di jalan yang terkena perubahan nama tersebut juga harus mengurus semua perizinannya kembali.

Perubahan nama jalan seharusnya dilakukan jika kondisi jalan tersebut belum memiliki nama. Meskipun niatnya baik yakni untuk melestarikan budaya Betawi lewat pengabadian tokoh-tokoh mereka. Namun yang disayangkan sekarang ini adalah Gubernur belum tentu memikirkan dampak kedepannya bagi masyarakat khususnya di DKI Jakarta.

Baca juga :  Jelang Penerapan PSBB, Pemprov DKI Distribusikan Bansos ke Warga Dampak Covid-19

Masyarakat yang tidak setuju bisa saja menggugat keputusan ini ke Pengadilan, tujuannya supaya kebijakan ini dibatalkan, atau setidaknya ditangguhkan sementara waktu. Sambil menunggu pihak Dukcapil DKI Jakarta menjemput bola dengan membantu masyarakat yang ingin mengubah data mereka ke data yang baru. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...