Home Internasional Eks-Menpora Malaysia Tersandung Kasus Korupsi, Hukuman Penjara, Denda dan Cambuk Menanti

Eks-Menpora Malaysia Tersandung Kasus Korupsi, Hukuman Penjara, Denda dan Cambuk Menanti

TELENEWS.ID – Eks-Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, didakwa korupsi sebesar RM1 juta atau sekitar Rp3,4 miliar.

Sosok yang pernah menjadi menteri termuda dalam sejarah Malaysia itu didakwa karena penggunaan dana Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Partai Bersatu) yang dipimpin Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Hadir di pengadilan Kuala Lumpur, Syed Saddiq (28) mendapat dua tuduhan pelanggaran kriminal kepercayaan dan diduga menyalahgunakan dana RM120.000 terkait pemilihan partai pada 2018.

Dilansir dari straitstimes.com, Syed Saddiq diduga melakukan pelanggaran tersebut ketika berstatus sebagai Ketua Pemuda Partai Tan Sri Muhyiddin, setelah runtuhnya pemerintahan Pakatan Harapan dan saat itu dia menjabat sebagai Menpora Malaysia.

Dalam sidang, dakwaan yang dibacakan di depan Hakim Azura Alwi menyebutkan Syed Saddiq diduga mengambil dana partai berupa cek namun tanpa adanya persetujuan pengurus pusat partai pada Maret 2020.

Yang mengejutkannya lagi, Syed Saddiq kabarnya terlibat pencucian uang terpisah di Johor saat menjabat sebagai anggota parlemen untuk daerah Muar.

Seandainya terbukti bersalah, dia akan menghadapi hukuman penjara 10 tahun, denda hingga cambuk. Akan tetapi Syed Saddiq dibebaskan setelah memberikan jaminan RM300.000 (Rp1,1 miliar) untuk segala dakwaan dengan satu penjamin.

Dalam persidangan, Hakim juga memerintahkan Syed Saddiq menyerahkan paspor dan melaporkan diri secara rutin tiap bulan ke kantor Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC).

Sedangkan terkait segala tuduhan yang mengarah kepadanya, Syed Saddiq mengatakan bahwa hal itu memiliki motif politik dan sebagai upaya agar dia mendukung pemerintahan Perikatan Nasional yang dipimpin Muhyiddin jelang pertemuan Parlemen pekan depan.

Lalu mengenai dana RM1 juta, dia mengatakan bahwa uang itu adalah milik pribadi untuk kampanye politik saat memperebutkan kursi parlemen Muar.

Baca juga :  Dukung Aplikasi Internal, Walmart Bagikan Ponsel Samsung Gratis Ke 740 Ribu Karyawan

Sebagai informasi tambahan, Syed Saddiq mengajukan laporan ke pihak polisi terkait dana sebesar RM250.000 yang hilang dari brankas rumahnya di Selangor pada bulan Maret lalu, sesuatu yang membuat Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Syed Saddiq sendiri membuat pembelaan dengan mengklaim bahwa uang tersebut adalah milik dia dan keluarganya, bukan milik Partai Bersatu. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...