Home Internasional El Salvador Bakal Manfaatkan Gunung Berapi Untuk Menambang Bitcoin

El Salvador Bakal Manfaatkan Gunung Berapi Untuk Menambang Bitcoin

TELENEWS.ID – Nayib Bukele yang menjabat sebagai presiden El Salvador menungkapkan ide baru terkait penambangan Bitcoin.

Dia meminta semua perusahaan yang ada di negaranya memanfaatkan energi dari gunung berapi sebagai sumber daya penambangan Bitcoin

Dikutip dari Reuters, Nayib Bukele meminta LaGeo, yaitu perusahaan listrik geothermal milik negara, mengembangkan dan memanfaatkan energi terbarukan dari gunung-gunung berapi untuk pembangunan fasilitas penambangan Bitcoin

Diketahui sebelumnya, El Salvador mengukuhkan diri sebagai negara pertama di dunia yang mengesahkan Bitcoin sebagai alat pembayaran di negara itu.

Lembaga negaranya bahkan menyetujui keinginan Nayib untuk menetapkan mata uang kripto dan hal itu tercermin melalui pernyataan Nayib: “Situasi ini akan berkembang cepat.”

Menurut berbagai sumber, para pecinta lingkungan sering mengkritik cara penambangan Bitcoin karena membuat penggunaan listrik menjadi sangat boros, dan itu juga berdampak pada sumber daya seperti batu bara.

Hal itu dikhawatirkan para pecinta lingkungan akan membuat kondisi Bumi semakin buruk, sesuatu yang bisa berdampak juga karena ancaman perubahan iklim.

Dan karena hal itu pula, presiden Nayib Bukele menggagas ide pemanfaatan energi terbarukan dari gunung berapi sebagai solusi, dengan maksud bisa menambang Bitcoin tanpa merusak alam.

Dalam sebuah pernyataan Nayib Bukele: “Ada informasi dari para insinyur kami tentang membangun fasilitas baru yang akan menyediakan sekitar 95MW energi geothermal yang sangat bersih dan tanpa emisi dari gunung berapi.”

Maraknya razia penambangan Bitcoin di Tiongkok belakangan ini bisa membuat para penambangnya mencari peluang di negara lain. Dan dengan El Salvador yang mengesahkan Bitcoin sebagai alat bayar, maka negara tersebut bisa jadi ‘surga’ bagi para penambang Bitcoin.

Selain El Salvador, sebenarnya Islandia juga menjadi lokasi yang populer untuk penambangan Bitcoin karena memiliki energi geothermal yang besar dari gunung berapi. (Dhe)

Baca juga :  Dulu Keras Membantah, Kini Pentagon Akui Keberadaan UFO
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...