Home Internasional El Salvador Jadi Negara Pertama di Dunia Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran...

El Salvador Jadi Negara Pertama di Dunia Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Sah

TELENEWS.ID – Mata uang kripto atau cryptocurrency kini setara dengan mata uang sah di El Salvador, paska proposal yang diajukan oleh Presiden Nayib Bukele mendapatkan persetujuan dari Kongres untuk menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah.

Hal ini bahkan disebarkan oleh Bukele melalui akun media sosial twitter miliknya, dalam cuitan singkatnya yang dikutip pada hari Kamis (10/06/2021) yang berbunyi “Undang-undang bitcoin telah disetujui oleh sebagian besar Kongres EL Salvador”.

Dilansir dari CNBC, proposal tersebut memang mendapatkan persetujuan dari 62 suara dari total 84 suara dari para anggota kongres. Hal ini membuat bitcoin resmi menjadi alat pembayaran sah di El Salvador, mengikuti Amerika Serikat yang lebih dahulu menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut.

Mengutip dari proposal yang diajukan oleh Bukele sebelumnya, dalam rancangan undang-undang tersebut, ada aturan yang menjelaskan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dan tidak dibatasi jumlah penggunaannya. Bukan itu saja, bitcoin juga bisa digunakan pada transaksi apapun dan akan diterima oleh badan pemerintahan setempat atau perusahaan swasta yang berada di El Salvador.

Proposal yang diajukan Bukele ini memang cukup ekstrim, pasalnya menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah namun aset kripto tersebut memiliki kecenderungan fluktuatif harga yang sangat tinggi, bahkan bisa terjadi perubahan dengan adanya sentimen kecil sekalipun. Contohnya, saat Elon Musk membuat sebuah langkah atau cuitan kecil di media sosialnya. Inilah yang menimbulkan kekhawatiran saat penggunaan bitcoin disahkan.

Belum ada kejelasan pasti dari pemerintah El Salvador terkait penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, bagaimana cara penggunaan hingga regulasinya. Namun dalam undang-undang baru tentang penggunaan bitcoin tersebut, pemerintah akan melakukan pelatihan dan promosi cara penggunaan bitcoin pada masyarakat, sehingga transaksi dengan bitcoin bisa berjalan seperti penggunaan uang pada umumnya.

Baca juga :  Proyek Kereta Cepat Batal, Singapura Denda Malaysia Rp 1,1 T

Bahkan ada informasi yang berkembang, Bukele memang sengaja mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran resmi, hal ini dilakukan guna meningkatkan inklusi keuangan negara yang tengah dalam kondisi tidak stabil. Bahkan hampir 70 persen penduduk El Salvador tidak memiliki akses ke jasa keuangan tradisional.

Diketahui juga El Salvador jadi salah satu negara yang bergantung pada uang kiriman dari luar negeri. Data yang dihimpun dari Bank Dunia menyebutkan, jika El Salvador sepanjang tahun menerima 6 miliar dolar AS atau hampir setara dengan seperlima dari total PDB tahunan, ini jadi salah satu rasio tertinggi di dunia.

Baca juga :  Wabah Corona, Presiden Rusia Tunda Pemungutan Suara Amandemen Konstitusi

Lantas apa yang dampak positif yang didapatkan bitcoin setelah diresmikan jadi alat pembayaran sah di El Salvador? Ternyata ini berdampak positif dengan perdagangan harga bitcoin di pasaran. Dilansir dari Coindesk, harga bitcoin pada perdagangan di hari Kamis mengalami penguatan hingga naik ke level 37,049 dolar AS atau setara dengan Rp529,8 juta. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...