Home Internasional Elon Musk Investasi di Indonesia, Apa Bentuknya ?

Elon Musk Investasi di Indonesia, Apa Bentuknya ?

TELENEWS.ID – Belum lama ini Elon Musk sudah bertemu dengan Menteri koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan beserta beberapa delegasi Indonesia di pabrik Tesla, di Texas, Amerika Serikat. Adapun beberapa delegasi yang ikut mendampingi antara lain CEO dan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dan Rosan Roeslani.

Pertemuan yang dilakukan oleh Luhut beserta delegasi Indonesia ini bertujuan untuk menindaklanjuti rencana kerja sama yang akan dilakukan Indonesia dengan Elon Musk. Seperti yang diketahui, Elon Musk berencana mendirikan sebuah pabrik mobil listrik dan baterai di Australia.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Elon Musk membutuhkan sumber daya alam nikel. Indonesia sendiri merupakan negara dengan nikel terbesar di dunia saat ini. Untuk itu Elon Musk berencana untuk bekerja sama dengan Indonesia sebagai pemasok nikel ke pabriknya.

Namun saat itu Presiden Joko Widodo menginstruksikan Luhut beserta jajarannya untuk bernegosiasi dengan Elon Musk untuk membuka pabrik mobil listrik Tesla dan baterai di Indonesia saja dibanding di Australia. Tentunya ini akan sangat menguntungkan Indonesia, karena pabrik Elon Musk nanti akan menyerap tenaga kerja dengan jumlah besar. Membangkitkan perekonomian di sekitar pabrik bahkan kota tersebut. Pertumbuhan pendapatan pajak daerah dan negara pun akan sangat meningkat.

Sayangnya Elon Musk menolak dikarenakan sudah memiliki perjanjian bisnis dengan pengusaha dan pemerintah Australia. Karena hal itu pula, Presiden Jokowi menolak untuk bekerja sama dengan Elon Musk sebagai pemasok nikel ke pabriknya.

Beberapa hari lalu mencuat kabar bahwa Elon Musk akan kembali bertemu dengan Presiden Jokowi di Indonesia, November mendatang. Rencana tersebut disampaikan langsung pemilik SpaceX dan Tesla ini kepada Presiden Jokowi, kala Presiden Jokowi berkunjung ke markas SpaceX, Boba Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/05/2022). Pada pertemuan pemilik baru Twitter tersebut dengan Presiden Jokowi, Elon Musk juga kembali membicarakan potensi kerja sama yang sempat tertunda soal pasokan nikel dari Indonesia dan rencana pembukaan pabrik mobil listrik Tesla.

Baca juga :  El Salvador Jadi Negara Pertama di Dunia Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Sah

Agenda pertemuan keduanya yang akan kembali diadakan di Indonesia pada November mendatang juga akan sama membahas potensi kerja sama tersebut dan berbagai potensi kerja sama lain yang bisa di jalin. Elon Musk diharapkan bersedia berinvestasi di Indonesia tentunya dengan perhitungan positif untuk kedua pihak. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...