Home Internasional Erick Thohir Beberkan Hasil Pertemuan Bilateral Jokowi Dengan Xi Jin Ping

Erick Thohir Beberkan Hasil Pertemuan Bilateral Jokowi Dengan Xi Jin Ping

TELENEWS.ID – Selain Jepang dan Korea Selatan, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merampungkan kunjungan bilateralnya ke China dan bertemu langsung dengan perdana menteri China, Xi Jin Ping. Hal menarik yang menjadi sorotan media asing dari kunjungan Jokowi ke China adalah berdampingannya bendera Indonesia dan China yang dikibarkan di Kota Terlarang China yang merupakan sebuah moment langka.

Sejumlah hal didapatkan dari pertemuan presiden Jokowi dengan Xi Jin Ping. Hal ini dikonfirmasi dan dibeberkan langsung oleh menteri BUMN, Erick Thohir yang juga ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya tersebut. Salah satu kabar baik yang diberikan Indonesia dari pertemuan tersebut adalah China membeli 1 juta ton kelapa sawit dari Indonesia. Hal ini merupakan permulaan yang sangat baik bagi kelanjutan ekspor kelapa sawit Indonesia ke China. Selain kelapa sawit, China juga berkomitmen untuk menjadi importir produk-produk pertanian Indonesia.

Poin pembahasan lain adalah kerja sama dalam proyek perusahaan BUMN dengan beberapa perusahaan China. Salah satu kerja sama yang dikukuhkan adalah pembangunan industri baterai listrik di Indonesia dan proyek kereta cepat di Indonesia yang akan diselesaikan. Erick Thohir juga menyebutkan adanya pembicaraan kerja sama soal kawasan industri perikanan Indonesia. Indonesia dan China sepakat untuk bekerja sama dalam pembiayaan Belt and Road Initiative (BRI) dan Global Maritime Fulcrum (GMF).

Indonesia dan China juga sepakat untuk kembali memulai pertukaran pelajar antarkedua negara. Kerja sama selain pertukaran pelajar ini akan semakin memperkuat kerja sama kedua negara dalam bidang pendidikan, pariwisata, dan pemuda. Selain itu kedua negara juga memperkuat kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan, dan produksi vaksin serta genomik. China juga mendukung Indonesia dalam mendirikan pusat vaksin regional. Dalam kesepakatan ini Indonesia dan China juga memperbarui MoU atau nota kesepahaman yang sudah pernah dibuat terkait pengembangan hijau dan peningkatan kapasitas siber.

Baca juga :  Presiden Joko Widodo Bertemu Xi Jin Ping, Bendera Indonesia Berkibar di Kota Terlarang China

Selain itu kedua negara juga sepakat untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai pada KTT Khusus China-ASEAN dalam rangka memperingati HUT ke-30 Hubungan Dialog China-ASEAN tahun lalu. Poin dari kesepakatan ini antara lain perdamaian, keamanan, kemakmuran, pembangunan, berkelanjutan, persahabatan. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...