Home Gaya hidup Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

TELENEWS.ID – 3 Desember diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan ini digagas untuk meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas, yang sering mendapatkan perlakukan kurang mengenakkan dari lingkungan sekitar mereka.

Hari Untuk Penyadang Disabilitas Internasional sendiri digagas oleh Majelis Umum PBB sejak tahun 1992 yang lalu, untuk meningkatkan pemahaman tentang masalah disabilitas dan memobilisasi dukungan untuk martabat, hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keuntungan yang akan diperoleh dari integrasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi dan budaya yang artinya mereka juga punya hak yang sama dengan manusia normal lainnya.

Di Indonesia sendiri pemahaman mengenai hak disabilitas dirasa masih sangat kurang sekali. Salah satunya, banyak masyarakat umum yang kurang paham bagaimana bergaul atau berinteraksi dengan para penyandang disabilitas.

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa etika untuk berinteraksi dengan penyandang disabilitas untuk tetap menjaga martabat dan menghormati mereka. Apa saja itu?

  1. Bertanya sebelum membantu mereka
    Rasa iba terkadang membuat kita ingin selalu membantu saudara kita yang mengalami disabilitas. Namun hanya karena seseorang menyandang disabilitas, jangan menganggap mereka selalu membutuhkan bantuan. Penyandang disabilitas dewasa ingin diperlakukan sebagai orang yang mandiri. Karena itu tanyalah dan tawarkan bantuan hanya jika orang tersebut tampaknya membutuhkannya. Dan jika mereka memang menginginkan bantuan, jangan lupa tanyakan juga bagaimana caranya, sebelum kamu bertindak.
  2. Posisikan tubuhmu setinggi mereka
    Perbedaan tinggi antara orang yang menggunakan kursi roda dan orang yang berbadan sehat, secara tidak sadar dapat menciptakan perasaan superioritas dan inferioritas yang tak terucapkan. Untuk amannya, duduklah atau berdiri sejajar dengan orang yang menyandang disabilitas jika memungkinkan dan sesuai. Duduk di kursi, dengan atau tanpa meja; juga lebih baik daripada kamu memilih posisi berlutut, yang dapat menyebabkan orang di kursi roda merasa diperlakukan seperti anak kecil.
  3. Jangan menghindari kontak mata
    Orang normal yang jarang bertemu dengan penyandang disabilitas terkadang menghindari kontak mata karena merasa tidak nyaman, kasihan atau tidak tega ketika melihat mereka. Namun menghindari kontak mata apalagi saat berbicara, bisa memicu perasaan tidak dihargai dan diabaikan di hati penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas adalah manusia, dan keberadaannya patut diakui. Setiap manusia baik yang normal atau penyandang disabilitas akan merasa tidak enak jika diabaikan.
  4. Jangan berasumsi mengenai keterbatasan mereka
    Sebagai orang normal, kamu tidak berhak berasumsi atas apa yang bisa atau tidak bisa mereka lakukan. Jangan membuat praduga tentang keterbatasan yang dialami seseorang. Sudah banyak penyandang disabilitas yang mampu merawat dirinya sendiri tanpa bantuan apapun. Selain itu mereka telah menghabiskan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup yang berbeda
  5. Jangan tanyakan penyebab mereka mengalami disabilitas
    Jika bukan mereka sendiri yang menyinggung, jangan pernah tanyakan apa yang menyebabkan seseorang mengalami disabilitas. Ini karena banyak penyandang disabilitas yang memilih untuk tak mengungkit penyebab mereka mengalami hal tersebut dengan berbagai alasan, salah satunya tak ingin dikasihani dan tak ingin orang berasumsi mengenai keadaan mereka.
Baca juga :  5 Zodiak yang Anti Banget Balikan Sama Mantan Pacar, Kamukah Itu?
Baca juga :  5 Fakta Menarik Ekshibisionisme, Aksi Umbar Aurat yang Dilakukan Selebgram Siskaeee

Itulah beberapa etika saat bergaul dan memperlakukan para penyandang disabilitas dengan hormat dan penuh kemanusiaan. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...