Home Nasional Evolusi Industri 4.0, UMKM Harus Gunakan Strategi Marketing SEO dan SEM

Evolusi Industri 4.0, UMKM Harus Gunakan Strategi Marketing SEO dan SEM

TELENEWS.ID – Pada era evolusi industri 4.0 seperti saat ini, dunia daring atau online sudah menjadi hal wajib dalam upaya pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, dibutuhkan kepiawaian dalam memanfaatkan Search Engine Optimation (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengungkapkan bahwa nerhasilnya strategi marketing menggunakan SEO dan SEM akan berhubungan dengan timbulnya brand awareness. Apabila konsumen sudah aware dengan produk atau jasa yang ditawarkan, pastinya akan berkesinambungan dengan peningkatan penjualan dari produk itu sendiri.

Dikatakannya, saat ini teknologi telah selaras dengan UMKM, baik usaha kecil maupun usaha rumah tangga. Esensi 4.0 menyebabkan segala sesuatu terkoneksi dengan internet.

Tak dipungkiri, berkah pandemi berdampak pada percepatan digitalisasi di Indonesia. Jika sebelumnya usaha bergerak secara konvensional di mana proses promosi dan jual beli lebih terarah pada proses tatap muka atau mengandalkan media TV, radio, koran, majalah, brosur ataupun flyer. Dan dengan adanya digitalisasi proses tersebut bergeser dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial.

“Hampir semua pelaku usaha beralih ‘manggaleh’ (berjualan, red) online. Mungkin 4 tahun ke depan seluruh lini bisnis sudah digitalize,” kata Audy pada saat menjadi keynote speaker pada acara Talkshow Digital Marketing ‘Yuk Pahami SEO, SEM, dan Brand Awareness untuk UMKM’ yang diadakan di Hotel Mercure Padang, Kamis (6/5) sore.

Berbicara terkait brand awareness, pemilik enam gelar akademik itu mengatakan, merek dagang terletak di puncak piramida suatu produk. Agar brand tersebut benar-benar dikenal dibutuhkan biaya, waktu, tenaga dan pikiran.

Diakuinya, tidak mudah untuk dapat membangun brand sehingga dapat dikenal. Tapi semua tentu ada jalan dan triknya masing-masing. Karena itu, dia berharap lewat talkshow digital marketing yang dilakukan, para narasumber bisa memberi jalan dan ilmu kepada peserta dalam mengoptimalisasi sesuatu agar lebih berharga, khususnya untuk packaging brand.

Baca juga :  Wah! 60% Produk Nestle Diklaim Tidak Penuhi Standar Kesehatan

Sementara itu, Inspektur IV Kemenkominfo RI Fajar Budiantoro menyebut, tujuan talkshow tersebut adalah memberikan pengetahuan literasi digital kepada masyarakat khususnya mengenai pemanfaatan teknologi digital marketing untuk meningkatkan penjualanproduk atau jasa dari brand awareness masyarakat bagi pelaku UMKM. Lewat kegiatan tersebut, UMKM diharapkan dapat memiliki strategi baru dalam pengembangan bisnis khususnya dizaman 4.0 ini.

Dia menambahkan, talkshow yang digelar tersebut adalah kolaborasi kegiatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Relawan TIK dan Siber Kreasi.

Baca juga :  Teror Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Tak Berhenti Meski Pandemi

“Talkshow ini diselenggarakan dengan hybrid even dimana menghadirkan 50 peserta secara offline dan juga online via zoom meeting,” terang dia. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...