Home Metropolitan Fakta Dibalik Seragam Satpam yang Baru, Mirip Polisi India

Fakta Dibalik Seragam Satpam yang Baru, Mirip Polisi India

TELENEWS.ID – Banyak informasi mengulas seperti apa konsep dari seragam baru personel Satuan Pengamanan ataupun Satpam secara resmi. Dalam beberapa waktu lalu perubahan seragam Satpam ini sudah menimbulkan polemik dimana masyarakat kesulitan membedakan antara Satpam dengan Polisi karena memang memiliki kemiripan.


Melihat dari tanggapan masyarakat tersebut pihak Mabes Polri secara resmi telah merubah konsep seragam Satpam menjadi warna coklat muda ataupun krem. Dari pengembangan seragam khusus Satpam tersebut sudah diresmikan dan akan dipakai pada tahun 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan ketika Upacara Peringatan HUT ke 41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri Jakarta.


Seragam baru dengan warna krem tersebut ternyata memiliki kemiripan seperti polisi India. Meskipun berbeda warna tetap saja ada beberapa pro dan kontra di masyarakat. Bahkan dari background nama masih tetap berwarna putih, sedangkan untuk font untuk nama masih tetap berwarna hitam.


Dari bagian celana masih tetap berwarna coklat, kemudian atribut topi berwarna hitam dengan tambahan list berwarna merah putih. Tidak hanya itu dari bagian lengan kanan seragam juga terdapat logo berbeda-beda yang bertuliskan Kata Siaga dan Jayatama.


Dari pihak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo setelah memimpin upacara peringatan HUT ke 41 dimana Satpam menjadi salah satu profesi yang mula.
Kemudian Satpam juga menjadi profesi penting yang nyatanya telah menyatu dengan mitra Polri hingga memiliki kewenangan untuk melakukan tugas kepolisian sebagai satu kegiatan Pam Swakarsa yang telah mendapat pembinaan.


Berikut ada beberapa fakta dari seragam baru Satpam yang mana sampai saat ini masih belum resmi digunakan hingga akan dipakai pada tahun 2023 mendatang.


1.Seragam baru Satpam tersebut masih menjadi satu rancangan yang mungkin saja bisa mendapat perubahan dengan adanya usulan lebih baik. Bahkan seragam baru ini masih akan digunakan pada tahun depan yang mana cukup memberi waktu untuk adanya perubahan hingga menjadi lebih baik.

Baca juga :  Inilah Profil Kandidat Pengganti Anies Baswedan


2.Perubahan warna dari seragam Satpam ini didasarkan pada banyaknya keluhan yang dari bentuk dan warna seragam sebelumnya mirip seperti seragam Polisi. Meskipun memiliki polemik, ternyata ada beberapa tokoh tidak setuju perubahan seragam tersebut. Kendati mendapatkan polemik di masyarakat pihak Kapolri secara resmi merubah warna dari seragam Satpam meskipun ada pendapat hampir sama seperti Polisi India.


3.Ada perubahan warna dari seragam baru Satpam ini dimana pada awalnya berupa coklat muda, kemudian berubah lagi menjadi krem. Secara tidak langsung dari potensi perubahan warna ini menjadi salah satu bentuk utama dimana pelayanan Satpam harus tetap optimal dengan perubahan warna seragam tersebut.

Baca juga :  Inilah Profil Kandidat Pengganti Anies Baswedan


4.Dikatakan mirip seperti seragam polisi India memang ada beberapa fakta bahwa kombinasi warna krem tersebut hampir sama seperti seragam polisi India.
Kendati ada beberapa perubahan dari warna seragam, tetap saja perhitungan dari fungsi seorang Satpam tidak mendapat perubahan sama sekali. Diharapkan ada peningkatan kinerja dari keamanan di semua instansi hingga akhirnya konsep seragam tersebut memberi motivasi lebih besar pada profesi Satpam. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...