Home Nasional Fakta Menarik Hewan Laut Raksasa Yang Muncul di Pantai Yogyakarta

Fakta Menarik Hewan Laut Raksasa Yang Muncul di Pantai Yogyakarta

TELENEWS.ID – Beberapa waktu lalu, beredar sebuah video yang menunjukkan seekor hewan raksasa di Pantai Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dengan viralnya video tersebut, pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Yogyakarta menyatakan bahwa hewan itu adalah hiu paus.

Meskipun dinamakan hiu paus, hewan itu memiliki nama ilmiah Rhincodon typus atau disebut juga dengan whale shark namun tidak termasuk keluarga paus, alias masuk keluarga hiu.

Hiu paus pun diakui sebagai hewan terbesar yang ada di lautan. Lalu ada juga beberapa fakta menariknya sebagai berikut:

Menempati Bumi sejak 60 juta tahun lalu

Spesies hiu paus diyakini telah ada di bumi sejak 60 juta tahun lalu. Meskipun termasuk hewan purba, hiu paus masih ada di zaman sekarang. Akan tetapi populasinya terus mengalami penurunan karena sering menjadi target buruan.

Hewan laut terbesar di dunia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hiu paus adalah hewan laut terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang ini. Hiu paus bisa tumbuh hingga 20 meter dengan bobot 34 ton.

Sedangkan alasan hewan itu dinamakan hiu paus karena ukurannya yang sangat besar dan kepalanya lebih tumpul dibandingkan kebanyakan hiu, bentuk yang seperti paus.

Hiu paus disebut juga hiu tutul karena bintik-bintik pada pola warna tubuhnya. Kemudian, para peneliti menyebutkan bahwa hiu paus mampu hidup hingga 70 tahun dan sering mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat.

Ciri khas

Seperti yang disebutkan di atas, hiu paus memiliki motif bintik-bintik putih atau krem di atas warna dasar abu-abu atau kecoklatan pada bagian atas, sedangkan bagian bawahnya berwarna putih.

Menurut penelitian, motif tersebut akan memudahkan hiu paus berkamuflase di dalam laut. Uniknya lagi, setiap hiu paus punya motif yang berbeda.

Baca juga :  Mengenal Kampung Pitu, Hanya Boleh Dihuni 7 Keluarga

Selain warnanya, hiu paus juga memiliki keunikan dengan memiliki semacam kumis di ujung moncongnya. Kumis tersebut berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi pergerakan mangsa yang ada di dalam air.

Bernapas dengan insang

Meskipun hiu paus memiliki ciri khas mamalia, hewan tersebut masuk ke kelompok hiu atau ikan besar sehingga tetap bernafas dengan insang.

Hiu paus juga memiliki suhu tubuh yang dipengaruhi oleh suhu perairan di sekitarnya (ektotermik). Hal itu membuat kehidupan hiu paus bergantung pada kualitas air habitatnya.

Tidak agresif

Hiu paus adalah hewan yang berbeda dibandingkan jenis hiu lainnya karena bersifat jinak alias tidak agresif. Karena itu pula hiu paus mendapat julukan ‘The Gentle Giant’ atau ‘Si Raksasa yang Lembut’.

Baca juga :  Pakar Sebut KPK Masuk Kondisi New Normal Pasca revisi UU

Memiiki ratusan gigi kecil dan tajam, hiu paus justru tidak bisa mengunyah makanannya dan makan dengan cara menyaring air laut yang berisi hewan-hewan kecil hingga menelan banyak air. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...