Home Internasional Fakta Unik Sekaligus Mengerikan Dari Planet Venus

Fakta Unik Sekaligus Mengerikan Dari Planet Venus

TELENEWS.ID – Menjadi planet kedua yang terdekat dengan Matahari, Venus merupakan salah satu objek yang menarik di tata surya.

Namun siapa yang menyangka bahwa planet yang dijuluki ‘Bintang Kejora’ itu memiliki fakta aneh sekaligus mengerikan seperti berikut ini.

Diamati sejak ribuan tahun lalu

Planet Venus menjadi objek penelitian bagi warga Babilonia sejak ribuan tahun lalu, tepatnya 1600 Sebelum Masehi. Yang pertama kali menemukan planet tersebut adalah Phytaforas, dan saat itu Venus diduga sebagai bintang yang muncul pada pagi dan petang hari.

Mirip bumi

Venus merupakan planet yang paling mirip Bumi di tata surya ini. Ukurannya pun identik dan mengorbit paling dekat dengan Bumi. Perbedaan dengan Bumi yaitu Venus memiliki atmosfer asam sulfur beracun.

Banyak gunung berapi

Seperti yang diketahui sebelumnya, Bumi memiliki banyak gunung berapi namun planet Venus jauh lebih banyak karena memiliki sekitar 1600 gunung berapi. Para peneliti menyatakan bahwa rata-rata gunung berapi di Venus tidak aktif.

Rotasi

Menurut penelitian, 243 hari di Bumi setara dengan satu hari di planet Venus. Planet itu merupakan planet dengan rotasi paling lambat di tata surya.

Bisa dilihat manusia

Venus merupakan planet yang bisa dilihat oleh manusia saat melintas di depan Matahari. Pergerakan Venus melintasi Matahari terjadi saat berlalu di antara Matahari dan Bumi dan nampak seperti titik hitam.

Tekanan ekstrem

Planet Venus memiliki tekanan udara yang ekstrem, sekitar 90 kali lipat dibandingkan Bumi. Hal itu juga bisa dibilang tekanan udara di Venus seperti tekanan air di kedalaman 1 kilometer bawah laut Bumi.

Selain itu, kecepatan angin di planet Venus tercatat 724 kilometer per jam, atau lebih kencang dibandingkan angin tornado di Bumi.

Baca juga :  Pulau-Pulau ini Terlarang untuk Dikunjungi

Panas ekstrem

Suhu di permukaan planet Venus sangat ekstrem karena atmosfernya terbuat dari karbondioksida. Bahkan menurut penelitian, suhu nya mencapai 470 derajat Celcius.

Paling cemerlang

Memperhitungkan jarak dengan Bumi, planet Venus terlihat yang paling cemerlang. Bahkan pada tahun 2011, ada kasus di mana pilot Air Canada mengira Venus sebagai pesawat yang akan menabraknya. Kecemerlangan Venus hanya kalah dari Bulan. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...