Home Ekonomi Figur Fenomena Spirit Doll, Apakah Wajar Jika Orang Dewasa Bermain Boneka? Ini Tanggapan...

Fenomena Spirit Doll, Apakah Wajar Jika Orang Dewasa Bermain Boneka? Ini Tanggapan Psikolog!

TELENEWS.ID – Ada fenomena unik yang sedang terjadi di kalangan selebritis tanah air. Fenomena ini adalah ketika sejumlah pesohor negeri ini beramai-ramai mengadopsi dan mengurus spirit doll atau boneka arwah.

Sejumlah selebritis papan atas tanah air seperti Ivan Gunawan dan Celine Evangelista tak sungkan menunjukkan koleksi boneka arwah yang mereka miliki. Para selebritis ini seolah tak peduli dengan pro kontra mengenai spirit doll atau boneka arwah yang mereka miliki.

Ivan Gunawan misalnya beralasan menggunakan boneka arwah atau spirit doll sebagai latihan untuk punya anak kelak. “Iya kalau mau punya anak sendiri kan ada prosesnya ya, harus cari perempuannya dulu segala macem ya kan. Jadi, biar praktis latihan punya anak saja dulu,” kata Ivan Gunawan.

Ivan bahkan memberikan nama Eqqel dari kata “miracle” untuk sebuah boneka arwah yang dimiliki olehnya. “Ya miracle kan artinya keajaiban, jadi ya semoga anak ini membawa keajaiban,” ujar Ivan.

Bagi pembaca Telenews yang belum tahu, boneka arwah atau spirit doll adalah sebuah boneka yang konon bisa diisi dengan spirit atau arwah anak-anak. Boneka arwah ini memiliki wajah, rupa, bentuk dan berat seperti anak bayi. Jika dilihat sekilas mungkin tak ada yang menyangka bahwa ini adalah boneka arwah atau spirit doll.

Bahkan kamu tak bisa sembarangan loh untuk memiliki spirit doll ini. Kabarnya seseorang yang ingin memiliki spirit doll bukan membeli, namun mengadopsi boneka dan arwah yang ada di dalamnya. Namun tetap saja kamu harus merogoh kocek antara 3-5 juta Rupiah untuk memiliki boneka arwah yang kamu ingini.

Menurut mereka yang menggunakan dan memilikinya, boneka arwah ini memberikan banyak manfaat salah satunya membuat mereka lebih tenang dan juga bisa meredam emosi. Tentu saja keberadaan boneka arwah atau spirit doll yang kini ramai dimiliki oleh sejumlah selebritis tanah air menimbulkan pro dan kontra.

Salah satunya tudingan perilaku menduakan Tuhan dan bersekutu dengan setan. Namun sebenarnya apakah normal jika orang dewasa masih bermain dan memiliki boneka, seperti yang dilakukan oleh Ivan Gunawan dengan spirit doll yang ia urus saat ini?

Baca juga :  Dialami Jimin BTS, 6 Hal yang Harus Dilakukan Usai Menjalani Operasi Usus Buntu

Seperti yang akan dikatakan para ahli, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk bermain dengan boneka. Fenomena ini sebenarnya tampak tidak biasa di zaman sekarang ini, tetapi beberapa anak berusia 12 tahun bahkan orang dewasa juga masih ada yang bermain dan mengoleksi boneka.

Beberapa psikolog mengungkapkan pendapat mereka mengapa masih ada orang dewasa yang bermain dan merasa terikat dengan boneka. “Memiliki banyak boneka seperti memiliki banyak teman dan kerabat,” jelas psikolog Allana Elovson. Menurut Allana ketika di masa kanak-kanak bermain boneka membuat seseorang merasa hangat lantaran dikelilingi banyak teman.

“Banyak perempuan bahkan tidak menganggap mereka sebagai boneka. Mereka adalah teman,” katanya. “itu membuat seseorang merasa hangat dan nyaman karena dikelilingi oleh begitu banyak teman” tambahnya lagi.

Selain itu Sally Turk, kepala sekolah di Wellesley College Child Studies Center mengungkapkan bahwa boneka merupakan bentuk yang paling dekat dengan manusia, sehingga membuat banyak orang menganggap mereka sebagai teman atau anggota keluarga.

Baca juga :  Diduga Selingkuhi Hanggini, Junior Roberts Cinlok Lagi?

“Karena boneka sangat mirip dengan bentuk manusia, seorang memperlakukan mereka seperti layaknya orang di dunia nyata,” tambahnya lagi. Para peneliti dan psikolog sendiri sepakat bahwasanya tak ada salahnya dan normal saja saat orang dewasa bermain boneka.

Namun kondisi ini bisa menjadi masalah saat seseorang terlalu terobsesi dengan boneka mereka, dan bahkan tak ingin menjalin hubungan sosial dengan manusia yang lainnya.

“Jika penggunaan spirit doll dilakukan secara berlebihan, maka ada kemungkinan perasaan insecure dapat muncul karena objek lekatnya atau bonekanya tidak ada di dekatnya,” begitu ungkap Psikolog Kumala Windya R.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang fenomena dan tren boneka arwah atau spirit doll di kalangan para artis ini? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...