Home Daerah Festival Durian Solok Selatan, Promosikan Varietas Durian Lokal Unggul

Festival Durian Solok Selatan, Promosikan Varietas Durian Lokal Unggul

TELENEWS.ID – Para penikmat durian di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat dapat memuaskan dahaga terhadap buah asli Indonesia itu. Untuk beberapa hari kedepan, pemerintah daerah setempat menggelar Festival Durian di objek wisata Pulau Mutiara, Sangir, Solsel.

Kabupaten Solsel memang dikenal sebagai daerah penghasil durian terbesar di Sumbar. Tercatat ada sekitar 5.198 batang durian di daerah tersebut. Diantara batang durian tersebut bahkan sudah ada yang usia pohonnya mencapai 80 sampai 90 tahun.

Lewat Festival Durian di Solsel itu diharapkan dapat memperkenalkan durian lokal unggul yang sampai kini belum semua varietasnya diberi nama. Dengan sudah adanya nama masing-masing varietas durian yang ada maka akan memudahkan masyarakat dalam memasarkannya, sama seperti halnya durian pelangi di Papua.

“Harapannya juga agar durian dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Durian tidak hanya makannya saja, tetapi perlu diolah sehingga nilai ekonomisnya meningkat,” Asisten III bidang Administrasi Umum Setdaprov Provinsi Sumbar Nasir Ahmad pada saat membuka Festival Durian di Solsel, Senin (7/6).

Sementara itu, Bupati Solsel, Khairunnas mengatakan bahwa durian merupakan salah satu buah lokal unggulan daerahnya yang sejak dahulu memiliki citarasa berbeda dibandingkan durian lokal daerah lainnya. Alasan itulah yang kemudian membuat pihaknya mengangkat Festival Durian sebagai bentuk penghargaan hasil panen para petani durian.

Ia menambahkan bahwa atas kesadaran banyaknya potensi tanaman durian di Solsel dengan puluhan varian citarasa tersebut. Sejumlah wilayah Solsel yang merupakan penghasil utama durian adalah Tanjung Durian, Abai, Buluh Kasok, Koto Rambah, Bariang, Sungai Durian, Durian Capang Tigo, dan beberapa nagari lain.

“Diadakan kontes ini dengan tujuan memperkenalkan kepada masyarakat akan kekayaan potensi durian lokal agar tetap dapat kita wariskan hingga peralihan waktu nantinya,” ujarnya.

Baca juga :  Nekat Mudik ke Jateng, Bersiap Putar Balik atau Kurungan 2 Minggu

Untuk beberapa hari kedepan, diharapkan dapat terjadi interaksi dan transaksi antara penikmat durian dengan petani durian, yang mana hal tersebut dapat mendongkrak kesejahteraan para petani, sejalan dengan visi misi Maju Bersama Sejahtera Untuk Semua.

Ia juga mengatakan panitia tidak tidak hanya menyediakan dalam bentuk durian mentah saja, tetapi juga beraneka ragam olahan seperti halnya es krim durian, dodol durian, asam durian dan juga campuran durian dengan malamang yang sudah menjadi tradisi warga Solsel dari tahun ke tahun. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...