Home Olah Raga FIFA Gunakan Wasit Robot di Piala Dunia Antarklub

FIFA Gunakan Wasit Robot di Piala Dunia Antarklub

TELENEWS.ID – Organisasi sepak bola internasional, FIFA, resmi mendeklarasikan penggunaan wasit robot di ajang Piala Dunia Antarklub 2021. Ini merupakan inovasi terbaru dalam pengembangan teknologi di dunia sepak bola.

Ajang yang berlangsung di Abu Dhabi pada 3 hingga 12 Februari ini rencananya digunakan saat semifinal. Namun, robot wasit atau robo-refs ini bukanlah pengadil utama dalam pertandingan tersebut, melainkan asisten wasit yang memiliki peran sebagai pembantu VAR alias Video Assistant Referee.

Tugas utamanya yakni mengawal garis offside. Bukan hanya itu, wasit robot ini punya andil dalam menentukan keputusan via offside call.

Johannes Holzfeller selaku Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA ini menerangkan jika wasit robot ini punya sistem kerja yang terintegrasi.

Wasit robot ini pun terjaring dalam komputer dengan sistem semi-otomatis. Artinya, pengadil dengan inovasi teknologi akan terhubung dengan algoritma dalam menentukan offside pada sebuah pertandingan berlangsung.

Johannes pun melanjutkan, sinyal robot yang terintregasi itu akan mengirimkan pesan ke VAR lewat kecerdasan artificial intelligence (AI).

Selanjutnya, sinyal yang sampai di VAR ini akan dipelajari oleh asisten wasit yang berada di ruangan VAR. Hasil tersebut akan cepat diputuskan dan divalidasi, kemudian, wasit utama akan menentukan keputusan offside.

Robo-refs ini akan dibantu dengan 12 kamera yang tersebar di atap stadion. Kamera yang tersebut berfungsi untuk menangkap pergerakan pemain dan bola saat pertandingan berlangsung.

Lalu, klub manakah yang berkesempatan untuk merasakan pertandingan yang dipimpin oleh wasit robot? Klub asal London yakni Chelsea akan berpotensi masuk buku sejarah sebagai klub Eropa pertama yang bertanding dengan dipimpin wasit robot.

Rencana lebih mendetail, wasit robot akan beraksi pada Rabu (9/2/2022) waktu setempat. Seperti kita ketahui, klub yang berjuluk The Blues ini sebagai perwakilan Eropa setelah menjuarai Liga Champions musim 2020/2021.

Baca juga :  CD Palestino, Klub Bentukan Imigran Palestina di Tanah Chile

Dalam penerapan regulasi, klub yang diasuh oleh pelatih Thomas Tuchel ini akan lolos langsung ke semifinal. Mereka akan menunggu lawan dari salah satu klub antara Al-Hilal, Pirae atau Al-Jazira. Sementara itu, di partai semifinal lain, Palmeiras akan bersua pemenang laga Al-Ahly kontra Monterrey. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...