Home Olah Raga Finlandia dan Macedonia Utara, Dua Tim Debutan EURO 2020 Siap Jadi Kuda...

Finlandia dan Macedonia Utara, Dua Tim Debutan EURO 2020 Siap Jadi Kuda Hitam

TELENEWS.ID – Pesta sepak bola terbesar di Eropa, EURO 2020, tinggal beberapa hari lagi akan digelar. Menariknya, dalam turnamen empat tahunan tersebut, dua tim debutan siap meramaikan gelaran kali ini. Ya, Finlandia dan Macedonia Utara menjadi dua tim debutan yang siap mengejutkan EURO edisi kali ini. 

Finlandia berada di Grup C bersama Austria, Ukraina dan Belanda. Sementara Macedonia Utara berada di Grup B bersama Rusia, Belgia dan Denmark. 

Jika ditelisik dari peta kekuatan di Grup B, Finlandia tampaknya akan menghadapi banyak rintangan karena harus menghadapi tim-tim berpengalaman di turnamen besar. Sementara dari kekuatan Grup C, Macedonia Utara mungkin memiliki peluang yang sedikit lebih baik karena lawan-lawan mereka tidak jauh berbeda levelnya seperti Austria dan Ukraina. Mungkin hanya Belanda yang akan menjadi tim favorit di Grup tersebut 

Berpartisipasinya Finlandia dan Macedonia Utara di turnamen kali ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena, turnamen besar seperti EURO selalu menghadirkan kejutan-kejutan dari tim debutan, melaju ke semifinal hingga menjadi juara. 

Cekoslovakia (1960), Perancis (1960), Hungaria (1964), Denmark (1964), Inggris (1968), Belgia (1972), Portugal (1984), Swedia (1992) dan Wales (2016) adalah tim-tim debutan yang langsung melaju hingga babak semi final. Sementara Uni Soviet (1960), Spanyol (1964), Italia (1968) dan Jerman Barat (1972) adalah tim-tim debutan yang langsung sukses merengkuh gelar juara.

Macedonia Utara lolos ke putaran final EURO 2020 dengan perjuangan yang cukup spartan. Goran Pandev dan kawan-kawan harus berjibaku di Liga D UEFA Nations League yang merupakan divisi terbawah.

Macedonia Utara berada di Grup 4 bersama Liechtenstein, Gibraltar, dan Armenia. Dari enam pertandingan yang telah dilakoni, Macedonia Utara menorehkan lima kemenanan dan satu kali bermain imbang. Macedonia Utara pun berhasil memuncaki klasemen Grup 4 dengan ganjaran tiket play-off EURO 2020.

Baca juga :  Kesuksesan SEA Games 1997 yang Berujung Hutang Besar

Namun Macedonia Utara kembali harus berjibaku melawan tim lain di babak kualifikasi pada bulan Maret 2019 lalu. Macedonia Utara berada di Grup G bersama Latvia, Israel, Austria dan Polandia untuk memperebutkan dua tiket yang disediakan. 

Macedonia pun harus puas berada di posisi ketiga klasemen dengan menorehkan empat kali kemenangan, empat kekalahan dan dua kali imbang. Tim asuhan Igor Angelovski ini pun harus melanjutkan perjuangan mereka ke babak play-off bersaing dengan Belarusia, Kosovo dan Georgia.

Setelah berhasil melewati hadangan Kosovo dengan skor 2-1 di babak semi final, Macedonia Utara lolos ke partai final dengan menantang Georgia. Pandev menjadi pahlawan lewat gol tunggalnya sekaligus membawa Macedonia Utara mendapatkan satu tiket lolos ke EURO 2020.

Sementara itu, perjalanan Finlandia sedikit lebih baik dari Macedonia Utara. Berada di Grup J bersama Liechtenstein, Armenia, Bosnia-Herzegovina, Yunani dan Italia, tim dengan julukan Huuhkajat tersebut tampil luar biasa. Finlandia akhirnya berhasil lolos ke putaran final setelah mengalahkan Liechtenstein tiga gol tanpa balas  di laga Kualifikasi EURO 2020 yang digelar di Stadion Sonera, Helsinki. 

Baca juga :  Deretan Penyerang Bintang yang Masih Mandul di Euro

Tiga angka tersebut membuat tim asuhan Markku Kanerya tersebut lolos dengan status runner-up Grup J dengan mengoleksi 18 angka dari 9 pertandingan.

Menarik untuk menyaksikan kiprah kedua tim debutan ini di gelaran EURO 2020 nanti. Apakah Finlandia atau Macedonia Utara bisa melangkah lebih jauh, atau kedua tim debutan ini hanya berstatus penggembira saja.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...