Home Metropolitan Gaji Anggota DPRD DKI 2021 Lampaui Rp8 Miliar

Gaji Anggota DPRD DKI 2021 Lampaui Rp8 Miliar

TELENEWS.ID, JAKARTA – Dalam Rencana Kerja Tahunan yang dibahas oleh DPRD DKI dan Pemprov DKI Jakarta Pendapatan atau gaji setiap anggota DPRD DKI Jakarta diusulkan Rp 8,38 miliar pada tahun 2021.

Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah merinci jika RKT tersebut disetujui, tiap bulannya anggota DPRD akan menerima take home pay berupa gaji, tunjangan, tunjangan isteri/suami dan anak termasuk biaya sewa rumah sebesar Rp 110 juta atau tak kurang dari Rp 1,3 M pertahun.

Menurut Amir, jika mengacu pada RKT maka nilai Rp 8 Miliar yang akan diperoleh setiap anggota DPRD karena adanya tambahan biaya Kunjungan kerja (Kunker) dan Sosialisasi Perda (Sosper).

Baca Juga : Libur Akhir Tahun 2020 Dipangkas

“Penambahan biaya Kunker dan Sosper paling tidak sekitar Rp 6,7 M,” kata Amir, Rabu (2/12).

Amir menjelaskan selama ini ada fraksi yang menyatakan bahwa alokasi anggaran itu akan dinikmati oleh para konstituen yaitu melalui kegiatan kunker dan sosper.

“DPRD dan Banggar harus berikan penjelasan secara rinci tentang rencana kegiatan Kunker dan Sosper. Yang utama adalah manfaat yang diperoleh pemda dan masyarakat,” jelas Amir.

Dia mengungkapkan, selama ini ada isu beredar bahwa terdapat oknum anggota DPRD dari fraksi partai besar yang selalu mengambil anggaran kunker dan sosper namun tidak melakukannya.

“Dalam kondisi penanggulangan Covid-19, pengalokasian anggaran tersebut menimbulkan tanda tanya dan sikap curiga,” tegasnya.

Dirinya pun mengusulkan dengan merujuk pada Perda No 14 tahun 2011 tentang Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Terpadu, untuk menghilangkan kecurigaan Publik sebaiknya Tim Anggaran Pemda dan Hanggar DPRD perlu meminta BPK dan KPK untuk melakukan pra audit tentang seluruh proses dan prosedur pembentukan APBD 2021.

“Perlu adanya pra audit yang dilakukan oleh BPK dan KPK,” ucapnya.

Beberapa Kalangan anggota DPRD DKI tampaknya sangat berharap apabila anggaran Rencana Kerja Tahunan (RKT) Rp 888 Miliar lebih yang diusulkan melalui APBD DKI 2021 bisa terealisasi. Mereka berdalih, anggaran tersebut bukan untuk dibawa pulang ke rumah, melainkan dibagikan ke konsituennya.

“Jadi usulan anggaran Rp 888 miliar itu bukan untuk gaji kami, itu uang tunjangan kami yang dinaikan melalui kegiatan dewan. Kenaikannya pun sesuai ketentuan dan ada batasan dan aturannya. Tidak bisa seenaknya kita naikan. Tunjangan yang selama ini belum ada penyesuaian itu yang kita naikkan,” ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12).

Menurut Baco, anggaran RKT tersebut untuk membiayai kegiatan dewan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan dananya di kelola oleh sekertaris dewan (sekwan) bukan anggota dewan.

“Dengan anggaran besar itu, kegiatan sosialisasi dan kunjungan kerja kita perbanyak agar bisa ketemu konsituen dan bisa menyerap aspirasi,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Baco, saat ini DPRD DKI sudah tidak punya program pokok pikiran (pokir) yang bisa dipakai untuk mengabdi ke daerah pemilihan masing-masing. Sebab kalau program pokir diadakan lagi, dikhawatirkan disalahgunakan.

“Untuk itu, maka kita buat kegiatan dewan lebih banyak ke masyarakat supaya tugas dewan dalam menyerap aspirasi bisa terlaksana dan dananya jauh lebih sedikit bila dibanding program pokir,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...