Home Hiburan Game Gamelan Bali Mendunia Melalui Game PS5

Gamelan Bali Mendunia Melalui Game PS5

TELENEWS.ID – Gamelan Bali akan mendunia setelah digunakan sebagai musik pengiring dalam video game Kena: Bridge of Spirits.

Sony Interactive Entertainment rencananya akan merilis game yang dibuat Ember Lab untuk konsol Playstation 5 itu pada bulan Agustus 2021.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah siapakah yang mengisi iringan musik gamelan Bali di game tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, iringan musik gamelan Bali di game Kena: Bridge of Spirits diciptakan oleh Dewa Putu Berata yang merupakan seniman asal Bali dan bekerjasama dengan Sanggar Seni Cudamani yang bertempat di Banjar Pengosekan, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Dewa Putu Berata menjelaskan bahwa ide memasukkan unsur gamelan Bali di game tersebut muncul dari Jason Gallaty, seorang komposer asal Amerika Serikat. Hal itu karena Jason melihat gamelan jagog dari Bali barat melalui YouTube.

Setelahnya, Jason mencari grup musik Bali di Amerika Serikat, dan dari sanalah dia menemukan grup Gamelan Sekar Jaya, dengan Dewa Putu Berata sebagai music director-nya.

Lalu Jason mengatakan pada Dewa Putu Berata bahwa dia ingin menciptakan musik untuk game Kena: Bridge of Spirits, dan akhirnya Dewa Putu Berata menggarap proyek tersebut bersama Sanggar Seni Cudamani yang didirikannya.

Alasan Dewa Putu Berata memilih bekerja dengan Sanggar Seni Cudamani karena ingin musik gamelan tersebut benar-benar original berasal dari Bali, apalagi proyek untuk mengisi video game adalah pengalaman baru.

Selain itu, Gamelan Sekar Jaya memiliki jadwal yang tidak bisa diganggu karena hampir setiap hari mereka latihan dengan grup berbeda. Kemudian, Dewa Putu Berata juga mempertimbangkan faktor teknik dan penguasaan rasa, dimana orang-orang di Sanggar Seni Cudamani lebih mahir karena terbiasa menggunakan gamelan Bali.

Baca juga :  Demi Sediakan Game Gratis, Epic Habiskan 158 Miliar!

Sedangkan grup gamelan yang ada di AS masih perlu memperlajari teknik dasar gamelan, ditambah lagi banyak orang baru.

Dewa Putu Berata juga mengungkapkan bahwa Jason Gallaty selaku komposer dari game Kena: Bridge of Spirits enggan mengambil suara gamelan Bali tanpa izin. Apalagi Jason sedikit paham tentang gamelan Bali yang memiliki fungsi berbeda dan tidak ingin game yang akan dirilis tersebut menuai masalah di kemudian hari.

Bagi pembaca yang ingin mendengar lantunan gamelan Bali di game Kena: Bridge of Spirits, bisa klik https://www.youtube.com/watch?v=taGDSHs_ftE&feature=emb_title (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...