Home Daerah Ganjar Memilih Terapkan Micro Lockdown Untuk Atasi Zona Merah di Jateng

Ganjar Memilih Terapkan Micro Lockdown Untuk Atasi Zona Merah di Jateng

TELENEWS.ID – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, punya cara berbeda untuk mengatasi 13 zona merah yang ada di Jateng. Alih-alih melakukan lockdown seperti yang sebelumnya terus diembuskan di Yogyakarta. Ganjar lebih memilih menggunakan micro lockdown, cara ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk menekan penyebaran.

Hingga Kamis (24/06/2021) Ganjar menyebutkan ada 13 zona merah yang ada di Jateng, daerah tersebut adalah Kudus, Jepara, Pati, Grobogan, Blora, Demak, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Pekalongan, Brebes, Tegal, Sragen dan Wonogiri.

Hal ini membuat Ganjar lebih memilih untuk menerapkan micro lockdown, khususnya untuk daerah yang masuk dalam zona merah. Konsep micro lockdown yang diterapkan Ganjar ini mengacu pada Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang berbasis di tingkat RT dan RW hingga kelurahan.

Dimana Ganjar meminta kepala di tingkat RT menjadi lebih waspada dan jangan ragu melakukan lockdown jika memang diperlukan. Lockdown tingkat RT ini diharapkan bisa mencegah semakin meluaskan penularan covid-19.

“Yang mesti dilakukan bagaimana pelaksanaanya maka saya sampaikan pada kawan-kawan kalau PPKM mikro itu mau dilakukan secara konsisten maka sekarang kalau di RT sudah ada zona merah, terus kemudian dari data epidemiologi mendukung, langsung lockdown saja” ujar Ganjar pada Kamis (24/06/2021).

Hal ini membuat Ganjar semakin gencar menggalakkan micro lockdown, dimana akan menutup akses pada satu RT atau RW jika ditemukan adanya kategori zona merah atau terlalu banyak kasus aktif covid-19 dalam wilayah tersebut. Ini sangat penting dilakukan untuk mengendalikan akses kesehatan dan makanan.

Ganjar bahkan secara terbuka menyebutkan jika terdapat 5.757 RT di Jateng yang masuk dalam kategori zona merah, Ia juga sudah melakukan koordinasi dengan pemimpin wilayah tersebut untuk melakukan lockdown. Hal ini bukan berarti meninggalkan mereka yang di lockdown, namun tetap memberikan bantuan dengan kembali menggalakkan Jogo Tonggo.

Baca juga :  BMKG Pastikan Jateng Aman Dari Siklon Tropis Seroja

Gerakan Jogo Tonggo ini merupakan program gotong royong untuk membantu warga yang terkena covid-19 dan diharuskan lockdown. Bahkan program ini langsung dari uluran tangan masyarakat, inilah peran serta orang sekitar bahkan tanpa meminta bantuan pada pemerintah.

Bahkan Ganjar memberikan apresiasi pada masyarakat yang masih terus menggalakkan gerakan Jogo Tonggo, inilah cara terbaik untuk mengendalikan laju kenaikan kasus positif covid-19. Dimana Ia berharap pemerintah daerah (pemda) hingga layanan kesehatan setempat memberikan bantuan berupa kemudahan akses hingga checking kesehatan.

Baca juga :  Mengenal Kesenian Dogdog Lojor, Instrumen Musik Khas Suku Baduy di Lebak Banten

Langkah Ganjar ini memang belum menunjukkan hasilnya, pasalnya kasus positif covid-10 di Jateng masih mengalami kenaikan cukup tinggi. Bahkan menduduki peringkat empat secara nasional, diharapkan langkah micro lockdown ini segera diaplikasikan sehingga penularan covid-19 varian baru ini segera bisa ditanggulangi. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...