Home Daerah Ganjar Puji Cara Gibran Atasi Pungli di Solo

Ganjar Puji Cara Gibran Atasi Pungli di Solo

TELENEWS.ID – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberi apresiasi penuh kepada kepala daerah yang berani mengambil tindakan tegas atas pelanggaran yang terjadi di wilayahnya. Kali ini gambar memberikan dukungan penuh pada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, atas tindak tegas dalam melawan pungutan liar.

Bahkan Ganjar juga mendukung langkah Gibran untuk segera menonaktifkan pejabat desa terkait dalam kasus pungli tersebut. Ini bisa jadi contoh yang baik dan menjadi bukti kalau sanksi dan aturan di tenggak tanpa pandang bulu.

Cara Gibran mengatasi pungli tergolong cepat, langsung mendengarkan aduan masyarakat dari kanal aduan di media sosial, memberikan tindakan tegas bahkan hingga mengembalikan hasil pungli pada masyarakat. Ini memperlihatkan, bahwa aparatur negara seharusnya melayani masyarakat bukan menyusahkan rakyat.

Ganjar juga berharap nantinya semakin banyak kepala daerah yang membuka kanal aduan dari media sosial atau pesan singkat. Tujuannya agar kepala daerah bisa lebih tanggap dengan apa yang terjadi sekarang ini, bahkan bisa lebih cepat memberikan solusi dari persoalan yang dihadapi masyarakat sekarang ini.

“Saya kita bagus ya, kalau kesadaran dari penyelenggara pemerintahannya seperti itu, maka masyarakat akan mendapatkan rasa hadirnya negara di tengah-tengah mereka” ujar Ganjar pada Selasa (04/05/2021).

Respons cepat yang dilakukan kepala daerah di Jawa Tengah bukan hanya Gibran, pasalnya juga ada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, yang juga melakukan penindakan pungli di lingkungan kelurahan. Bahkan di luar Jawa seperti Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Bupati Kediri, Handhito, juga melakukan penindakan pungli dengan cepat setelah mendengar keluhan dari masyarakat.

Inilah yang membuat Ganjar terus mendorong kepala daerah lainnya juga turut aktif dan mau pasang telinga lebih dalam dengan persoalan yang terjadi dilapangan. Lakukan pemantauan langsung, supaya semua laporan masyarakat bisa diproses dengan cepat dan memberikan solusi yang tepat.

Baca juga :  Inilah 3 Kandidat Kuat Pilihan Milenial di Bursa Pilpres 2024

Bukan itu saja, masyarakat juga harus berperan aktif membantu pemerintahan setempat. Sudah ada kanal aduan yang mudah dan cepat, kalau masyarakat tidak mau bergerak aktif, bagaimana aparatur negara bisa tahu dan memberikan respons cepat. Inilah sebabnya, kedua pihak harus saling berkomunikasi, agar apa yang diinginkan masyarakat bisa diwadahi oleh pemerintah daerah dan mendapatkan solusi yang tepat.

Ganjar berharap adanya aduan masyarakat ini bukan hanya tren semata, apalagi ini termasuk cukup beruntun tindakan yang dilakukan beberapa kepala daerah. Ia berharap semakin banyak yang lapor, maka masyarakat mulai aktif membuka diri pada pemerintah, nantinya ini akan membuat jalur reformasi birokrasi menjadi lebih terbuka.

Jelang lebaran, Ganjar mengingatkan pada pejabat daerah, PNS dan pemimpin daerah untuk tidak minta-minta parsel pada masyarakat, baik pengusaha atau rekanan dalam proyek pemerintahan. Ini akan masuk dalam ranah gratifikasi, baik yang memberi atau menerima akan mendapatkan proses hukum yang sama.

Baca juga :  Pemprov Sumbar Maksimalkan e-Perda untuk Meminimalisir Tumpang Tindih Aturan

Ganjar bahkan memberikan saran, bagi mereka yang punya kelebihan dana dan ingin berbagi, masih banyak orang yang membutuhkan, misalkan anak-anak yatim piatu, orang sekitar yang membutuhkan hingga pegawai honorer yang mengalami kesulitan di tengah pandemi. Ini golongan yang lebih membutuhkan daripada pejabat daerah yang sudah berkecukupan. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...