Home Internasional Gara-Gara Pakai Ponsel China, 10 Warga Korut Dieksekusi

Gara-Gara Pakai Ponsel China, 10 Warga Korut Dieksekusi

TELENEWS.ID – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kembali mengejutkan dunia dengan kebijakan yang diberikan, dimana mengeksekusi 10 orang warganya. Ini memang bukan mengejutkan, namun Kim Jong-un melakukan ini pada warganya yang secara diam-diam menggunakan ponsel yang berasal dari China untuk melakukan panggilan internasional.

Dikutip dari Daily NK Japan pada Jumat (25/06/2021) dimana memiliki sumber langsung dari Provinsi Ryanggang, Korut, kota yang berbatasan langsung dengan China. Kim Jong-un tampaknya tidak lagi bisa mentolerir adanya tindakan keras yang dilakukan warganya, hal ini bahkan mulai mengarah pada pembelotan.

Bagaimana tidak, penggunaan ponsel China sudah dilarang di Korut, dimana semua warga harus menggunakan ponsel buatan negara tersebut. Kim Jong-un yakin banyak warganya yang sengaja menggunakan ponsel Cina untuk mendapatkan transferan uang hingga mengakses informasi dari luar Korut di luar kendalinya.

Bahkan dalam laporan tersebut dikabarkan jika terdapat 150 warga Korut ditangkap, ini terjadi setelah Partai Buruh berkuasa dan polisi memiliki izin khusus untuk melakukan pengawasan pada masyarakat, dimana ini melibatkan pengawasan rahasia dari negara.

Penangkapan ini berlangsung cepat, hanya dalam 3 minggu setelah Partai Buruh berkuasa. Dimana Korut memberikan kekuasaan penuh terhadap pejabat keamanan negara untuk melakukan deteksi, penyadapan hingga penangkapan langsung terkait warga Korut yang melakukan pelanggaran dengan menggunakan ponsel Cina dan melakukan panggilan internasional.

“Pusat penahanan penuh dengan orang-orang dan tempatnya sangat kecil, ini hampir seperti kandang kelinci. Bahkan banyak orang yang duduk disebelah toilet” ujar salah satu sumber yang merupakan keluarga terdekat dari mereka yang tertangkap.

Bahkan keluarga juga tidak memiliki akses untuk berkomunikasi, hal inilah yang membuat tahanan kehilangan harapan. Bukan itu saja, Kim Jong-un kabarnya juga melakukan kekejaman dengan mengeksekusi 10 tahanan di depan umum. Terdapat sumber yang mengatakan, jika tahanan yang dieksekusi berasal dari Taehong Country di Ryanggang serta beberapa dari provinsi Hamgyong Utara. Ada juga yang menyebutkan jika 20 tahanan lainnya harus menjalani peradilan di hadapan umum, namun bisa terhindar dari hukuman mati.

Baca juga :  Huawei Semakin Disudutkan, China Sebut AS Negara Tidak Bisa Dipercaya

Hal ini juga berlaku untuk tahanan lainnya, dimana eksekusi dilakukan secara rahasia. Bahkan jasad para tahanan tidak ada yang kembali pada keluarga, hal inilah yang menebarkan ketakutan tersendiri di antara warga Korut lainnya.

Dimana kini Korut semakin memperketat penjagaan di area perbatasan dengan membangun tembok beton tinggi dan ditambahkan kabel bertegangan tinggi, hal ini dilakukan untuk membentengi perbatasan dan tidak ada lagi akses informasi yang didapatkan dari luar.

Baca juga :  Korea Utara Terancam Krisis Pangan, Warga Diminta Setor Urine

Ini bukan kejadian pertama, pasalnya di tahun 2014 lalu, Korut juga melakukan hukuman mati sepia pada seorang pria yang melakukan panggilan ke Korea Selatan, sekalipun ini panggilan untuk keluarga. Tindakan ini dilakukan di area perbatasan dengan Korsel, dimana kala itu pria 49 tahun tersebut langsung dijatuhi hukuman mati di tempat umum. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...