Home Infrastruktur GBK Punya Stadion Baru, Nuansa Indoor dan Berteknologi Teleskopik

GBK Punya Stadion Baru, Nuansa Indoor dan Berteknologi Teleskopik

TELENEWS.ID – Komplek olahraga Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta kembali akan memiliki stadion baru yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion indoor multifungsi adalah stadion terbaru yang diklaim berbeda dengan stadion lain. Salah satu yang membedakan dengan stadion lain adalah stadion ini merupakan stadion dengan konsep hijau alami dan mampu menampung penonton sebanyak 16,088 orang. Poin lain yang menjadi pembeda dari stadion ini adalah pembangunan stadion ini menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM) atau dengan kata lain merupakan metode pembangunan berbasis industri 4.0.

Sedangkan konsep multifungsi yang diusung adalah selain dapat digunakan untuk arena olahraga, stadion ini juga nantinya bisa digunakan untuk menggelar konser musik dan acara non-olahraga lainnya. Pembangunan stadion ini sendiri dikerjakan langsung oleh pemerintah pusat di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan pembangunan diawasi langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa stadion ini juga menggunakan teknologi teleskopi pada tribun penonton. Stadion ini memiliki luas 31,826 m² serta luas tapak bangunan 21,304 m². Desain stadion ini dibangun dengan lima lantai dan memiliki fungsi utama sebagai arena pertandingan basket serta dua arena latihan olahraga basket. Pemerintah pusat menggelontorkan dana APBN dengan skema kontrak tahun jamak (MYC) 2021-2023 senilai 639,1 miliar rupiah. Pemerintah juga menggandeng beberapa pihak swasta seperti PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Nindya Karya, serta PT Penta (KSO).

Pembangunan stadion ini sudah dimulai sejak Desember 2021 lalu dan ditargetkan selesai sesuai dengan klausul kontrak pada Maret 2023 mendatang. Stadion ini juga akan digunakan sebagai tuan rumah pertandingan piala dunia basket FIBA 2023. Menurut Basuki, hingga Juli 2022 ini progress pembangunan sudah mencapai 32% atau lebih cepat 3,3% dari yang diperkirakan. Basuki juga berharap atlet bola basket Indonesia juga memiliki tempat bernaung dan berlatih yang lengkap dan berkualitas tinggi seperti atlet olahraga favorit lainnya yaitu sepak bola dan bulutangkis. Selain itu diharapkan dengan adanya stadion megah ini menjadi tempat bernaung atlet basket Indonesia, prestasi atlet juga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan terus ditingkatkan untuk membawa nama Indonesia ke ajang internasional. (Angela Limawan)

Baca juga :  4 Proyek Mangkrak Warisan Era SBY
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...