Home Hiburan Film Gelar Festival Film Pendek 2021, Pemkab Bogor Siapkan 70 Juta

Gelar Festival Film Pendek 2021, Pemkab Bogor Siapkan 70 Juta

TELENEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Bogor akan menggelar Festival Film Pendek dengan niat untuk kembali mengembangkan industri ekonomi kreatif yang menjadi salah satu program utama pemerintah pusat.

Mengusung tema “Kebudayaan Dalam Bidikan Sineas Bogor”, festival ini digelar dengan maksud memperingati Hari Film Nasional sekaligus merayakan Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke-539 yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2021 mendatang.

Para peserta yang ingin mengikuti Festival Film Pendek ini diharuskan mengangkat tema kebudayaan dan pariwisata yang ada di Bumi Tegar Beriman ini.

Bupati Bogor, Ade Yasin, telah menghadiri launching dari Festival Film Pendek ini. Bersama Ade Yasin turut serta juga beberapa pejabat teras seperti Iwan Setiawan selaku Wakil Bupati Bogor, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Pada launching yang dihelat di Gedung Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor pada hari Rabu kemarin (31/03/2021), Ade Yasin mengungkapkan bahwa Festival Film Pendek ini diharapkan menjadi titik tolak bangkitnya film-film dalam negeri yang cukup kesulitan di kala masa pandemi seperti sekarang.

Ade Yasin juga menyatakan bahwa tema yang harus diangkat adalah soal Desa Membangun Kabupaten Bogor Maju selain juga tentang Kebudayaan Dalam Bidikan Sineas Bogor.

“Industri perfilman adalah salah satu aset penting dari industri ekonomi kreatif. Industri perfilman juga menjadi program penting pemerintah demi memulihkan ekonomi daerah,” ujarnya.

Dengan adanya perpanjangan PPKM mikro periode terakhir, Pemkab Bogor telah memberikan kelonggaran kepada beberapa sektor ekonomi kreatif. Namun hal ini dilakukan dengan catatan menuruti protokol kesehatan yang baik dan benar. Contohnya, bioskop diizinkan untuk kembali beroperasi untuk dapat mendukung perfilman tanah air.

Baca juga :  Rekomendasi 7 Drama Korea Genre Komedi

Dalam Festival ini, sejarah Bogor akan ditonjolkan. Selain itu hal-hal menarik juga akan mendapatkan porsi yang besar seperti kuliner, budaya, tradisi, adat istiadat dan potensi lainnya tentang Kabupaten Bogor.

Ade Yasin juga menambahkan jika seluruh warga negara Indonesia bisa mengikuti Festival Film Pendek 2021 ini, namun dengan catatan video atau shooting harus diambil di daerah Kabupaten Bogor.

Ade Yasin berharap dengan digelarnya Festival Film Pendek 2021 ini, banyak remaja kreatif atau sineas muda Bogor yang semakin cinta terhadap kebudayaan dan sejarah Bogor. Tak lupa pula festival ini juga untuk melestarikan budaya dan sejarah tersebut untuk generasi yang akan datang agar visi Berkeadaban dapat terwujud.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 15 April hingga 15 Mei 2021. Total hadiah yang bisa digondol untuk pemenang Festival Film Pendek 2021 ini sejumlah Rp. 70 Juta.

Adapun penilaian akan dilakukan pada tanggal 17 April hingga 30 Mei 2021 oleh juri-juri yang berkompeten di dunia film. sedangkan pemenang dari festival ini akan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2021.

Alicia Djohar selaku Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) menyambut baik diadakannya Festival Film Pendek Bogor ini. Alicia pun tak lupa pula mengajak para sineas muda Kota Hujan untuk turut serta meramaikan Festival ini.

Baca juga :  Kerjasama dengan Jepang, Arab Saudi Rilis Film Anime Layar Lebar Pertama

Alicia menambahkan bahwa bertepatan dengan Hari Film Nasional, ia berharap bahwa industri layar lebar Indonesia bisa kembali merajai bioskop di masa pandemi ini.

Menurutnya, film adalah salah satu media yang sangat baik untuk memperkenalkan seni budaya sebuah daerah. Tak jarang beberapa daerah yang ada di Indonesia menjadi kesohor karena film. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....