Home Travel Destinasi Geopark Pilihan Wisata Aman Di Masa Pandemi

Geopark Pilihan Wisata Aman Di Masa Pandemi

TELENEWS.ID – Sudah hampir sembilan bulan sejak pandemi, mungkin Anda mulai bosan dan ingin berlibur. Tapi, wisata apa yang aman di masa pandemi sekarang ini?

Epidemiolog Tifauzia Tyassuma, seperti yang dilansir travel.tempo.co, menjelaskan bahwa pergi berwisata di saat pandemi sebenarnya bisa dilakukan. Tentu dengan memperhatikan sejumlah hal.

Saat ini potensi penularan tertinggi berada di lokasi dengan tingkat kepadatan berkumpulnya manusia. Karena virus Covid-19 menyebar secara individual transmission.

Akan lebih baik jika orang memilih tempat wisata yang luas dan terbuka serta memungkinkan untuk saling menjaga jarak. Salah satu contoh adalah wisata alam.

Saat ini, banyak tempat wisata yang sudah siap menerima wisatawan, asalkan tetap bisa menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Geopark merupakan salah satu wisata alam yang aman dikunjungi di saat pandemi selain wisata bahari, kawasan konservasi perairan, kawasan wisata petualangan, taman nasional, taman hutan raya serta suaka margasatwa.

Geopark sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Geological Park atau disebut juga Taman Geologi atau Taman Bumi.

Sebuah organisasi non pemerintah bernama Europe Geopark Network (EGN) yang berdiri pada tahun 2001, menetapkan bahwa fungsi dan tujuan geopark adalah melindungi warisan geologi secara berkelanjutan di tiap negara di dunia, serta kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitarnya.

Setidaknya ada 7 situs Geopark Indonesia yang telah diakui UNESCO. Dan, Gunung Kaldera Toba Sumatera Utara adalah salah satu Geopark Indonesia terbaik yang dinobatkan UNESCO pada sidang pleno ke-209 di Paris, setelah menunggu penantiannya selama sembilan tahun.

Pemprov Sumut berharap pengakuan tersebut akan membantu mendongkrak kedatangan turis asing ke destinasi tersebut.

“Kami akan berusaha mengembangkan destinasi ini menjadi lebih besar sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat”, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara Ria Novida Telaumbanua seperti dilansir The Jakarta Post.

Ria menuturkan, Geopark Kaldera Toba menjadi magnet wisata karena menjadi rumah bagi 13 geosite dengan pemandangan yang menakjubkan. Geosite tersebuta adalah Tongging Sipiso-piso, Silalahi Sabungan, Haranggaol, Sibaganding Parapat, Taman Eden, Balige Liong Spige Meat, Situmurun Blok Uluan, Hutaginjang, Muara Sibandang, Sipinsur Bakti Raja, Bakara Tipang, Tele Pangururan dan Pusuk Buhit.

Sebelum Kaldera Toba, Indonesia sudah memiliki enam destinasi yang diakui UNESCO Global Geoparks, yakni Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat), Ciletuh Pelabuhan Ratu (Jawa Barat), Gunung Batur (Bali), Cadas Sangkulirang (Kalimantan Timur), Merangin (Jambi), dan Gunung Sewu (Yogyakarta).

Danau Toba dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu oleh letusan gunung berapi super. Bagian bawah kaldera tersebut kemudian terisi air dan saat ini menjadi danau terbesar di Indonesia.

Baca juga :  Back to Nature bersama BSP Farm

Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir. Karena Danau Toba merupakan danau vulkanik, Pulau Samosir ini juga disebut sebagai pulau vulkanik

Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang menjadikannya danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Inilah mengapa danau tersebut sudah terkenal hingga ke mancanegara. Keindahannya pun telah menarik banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

Dari Pulau Samosir akan terlihat hamparan indah Danau Toba dari Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan. Jika sedang memasuki musim hujan rumput-rumput di bukit ini tumbuh subur berwarna hijau, cantik sekali seperti Bukit Teletubbies.

Dari bukit ini kita bisa melihat luasnya Danau Toba sambil menyaksikan para nelayan mencari ikan dengan kapal-kapal kecil.

Danau Toba juga memiliki habitat ikan khas Batak atau Ihan Batak atau Curong (bahasa Toba), bahasa latinnya disebut juga Neolissochillus Thienemanni yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Karena itulah Danau Toba termasuk di antara tujuan prioritas destinasi yang dijuluki pula sebagai Bali Baru.

Baca juga :  Kemenparekraf akan Gelar Konser Musik Keren di 3 Destinasi Wisata

Perjalanan menuju Danau Toba dari Jakarta bisa diakses dengan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Silangit dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Di masa pandemi saat ini, hanya ada 2 maskapai yang beroperasi yaitu Batik Air (dari Soekarno Hatta) dan Citilink (dari Halim).

Bandara Silangit tidak terlalu besar, tapi sangat membantu bagi yang ingin travelling ke Danau Toba. Jadi tidak perlu ke Medan terlebih dahulu.

Bandara Silangit juga sudah mematuhi protokol kesehatan yang cukup ketat, termasuk rapid test, pemberian tanda untuk menjaga jarak, himbauan memakai masker hingga mencuci tangan dan penyediaan handsanitizer.

Untuk menyeberang ke Pulau Samosir ada beberapa opsi yang bisa dipilih, yaitu melalui:

  • Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok
  • Tigaras menuju Simanindo
  • Muara menuju Nainggolan

Sedangkan, jika ingin menempuh perjalanan darat, bisa ditempuh melalui jembatan Tano Ponggol yang dibangun pada masa Belanda. Dari kabupaten Humbang Hasandutan lewat kecamatan Parlilitan, setelah itu bisa melanjutkan perjalanan ke Samosir lewat jalan kurang lebih selebar 3 meter, menurun dan berkelok-kelok dengan pemandangan yang mengagumkan. Sepanjang jalan terlihat pohon-pohon pinus dan tebing, seperti menggambarkan suasana yang mirip dengan di pegunungan Alpen di Eropa tapi tanpa salju.

Udara pun masih segar dan hanya beberapa kendaraan saja yang melintas karena mungkin masih jarang orang tahu jalan darat menuju Samosir, di sana pun ada beberapa tempat pemandian air panas umum yang cukup bersih.

Tertarik mengunjungi Geopark Kaldera Toba?

Penulis : Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Masa Depan Messi dan Barcelona Dipertanyakan

TELENEWS.ID- 15 tahun berkarir sebagai pemain profesional di klub raksasa Spanyol. Karir penyerang andalan klub Barcelona Lionel Messi masih menjadi spekulasi.

IBM Peringatkan Adanya Kelompok Spionase Sasar Distribusi Vaksin Covid-19

TELENEWS.ID – Perusahaan konsultan teknologi multinasional IBM memperingatkan adanya sekelompok peretas yang menargetkan perusahaan-perusahaan distributor vaksin Covid-19. IBM menuliskan...

Pemerintah Akan Datangkan Bus dari Indonesia untuk Layani Jemaah Umrah dan Haji

TELENEWS.ID - Dalam upaya mendukung pelaksanaan ibadah umrah dan haji pasca pandemi Covid-19, pemerintah berencana akan mengupayakan ketersediaan bus-bus buatan Indonesia yang...

Bank Indonesia Optimis Ekonomi Nasional Pulih Di Tahun 2021

TELENEWS.ID - Bank Indonesia menyatakan optimis, ekonomi Indonesia akan segera pulih di tahun 2021 dengan adanya penguatan sinergi di semua lini, lima...