Home Teknologi Gadget Gerai LG Rencana Mulai Jual iPhone, Samsung Tidak Terima

Gerai LG Rencana Mulai Jual iPhone, Samsung Tidak Terima

TELENEWS.ID – Keputusan kontroversial LG untuk menjual produk iPhone di gerainya setelah mundur dari bisnis ponsel rupanya mendapat tentangan dari sejumlah pihak, salah satunya brand raksasa Korea Selatan, Samsung.

Seperti yang santer diberitakan sebelumnya, LG disebut tengah bernegosiasi dengan Apple untuk memperdagangkan sejumlah produk brand tersebut di tokonya, seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch. Saat ini, LG memang memiliki lebih dari 400 gerai LG Best Shop yang kosong di Korea Selatan setelah tak lagi memasarkan ponsel buatannya.

Rencana LG tersebut mendapat tentangan keras dari Samsung. Pasalnya, Samsung dan LG memiliki perjanjian yang telah ditandatangani tahun 2018 silam yang berisi ketetapan bahwa toko LG hanya boleh menjual produk LG, dan toko Samsung hanya boleh menjual produk Samsung.

Samsung menganggap rencana LG adalah pelanggaran besar atas perjanjian hitam di atas putih tersebut, sementara LG berkilah jika perjanjian itu bisa dinegosiasi ulang jika ada perubahan besar, dalam hal ini keputusan LG yang sudah tak lagi berbisnis ponsel.

Ketakutan Samsung tersebut cukup bisa dimengerti. Pasalnya, jika LG ikut-ikutan menjual iPhone, market share brand tersebut di Korea Selatan bisa makin meningkat karena peminatnya yang cukup signifikan.

Dilansir dari data statistik yang dirilis Techspot hari Senin (28 Juni) kemarin, iPhone 12 masih menjadi ponsel 5G dengan pangsa pasar terbesar di angka 29,8%, sementara Samsung hanya berada di posisi ke 4.

Namun sepertinya tidak semua produk keluaran Apple akan dipasarkan di toko milik LG. Kedua brand tersebut kabarnya masih bertentangan perihal penjualan laptop dan komputer buatan Apple.

Apple ingin bisa menjual laptop dan komputer Mac di toko tersebut. Tapi LG juga menjual laptop buatan mereka sendiri, dan merasa akan dirugikan kalau harus menjual laptop dan komputer Apple. Mereka juga tidak akan menyediakan layanan perbaikan untuk perangkat komputer Apple.

Baca juga :  Samsung Merajai Ponsel Dunia, Bagaimana dengan Apple?

Sebagai catatan, Apple sendiri saat ini baru memiliki dua gerai Apple Store resmi di Korsel, sehingga simbiosis dengan LG tentu akan menambah keuntungan mereka secara signifikan.

Belum diketahui kapan kemitraan ‘unik’ antara Apple dan LG tersebut akan berjalan, namun sejumlah pengamat memperkirakan kerjasama resmi keduanya akan dimulai pada akhir Juli mendatang, setelah LG sepenuhnya keluar dari bisnis ponsel. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...