Home Daerah Gibran Kasih Jalan Mal di Solo Buka, Penerapan PPKM Darurat Beda Dengan...

Gibran Kasih Jalan Mal di Solo Buka, Penerapan PPKM Darurat Beda Dengan Pusat

TELENEWS.ID – Pemerintah pusat telah memberikan kebijakan tegas untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat secara tegas, dimana salah satu poinnya menutup sektor non esensial termasuk mal. Namun apa yang dilakukan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka nampaknya berkebalikan.

Gibran memberikan izin buka untuk seluruh mal di Solo dengan alasan terdapat mitra-mitra yang bergerak di sektor esensial yang dalam ketentuan PPKM Darurat diperbolehkan untuk tetap buka dengan aturan yang ada. Hal ini jelas memancing tanya, kenapa Gibran tidak satu suara dengan pemerintah pusat?

“(Mall) tetap buka. Tapi nanti ada aturan-aturannya sendiri. Yang buka hanya yang jualan makanan, obat dan supermarket. Itupun dibatasi” ujarnya pada Kamis (01/07/2021) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Kota Solo untuk para lansia.

Hal ini menjelaskan pedagang yang ada di mal tetap bisa beroperasi dengan syarat merupakan perdagangan makanan, restoran hingga pusat kuliner. Gibran berpandangan mereka termasuk dalam sektor esensial sehingga tetap diberikan izin untuk buka.

Namun Gibran dengan tegas mengatakan jika hanya memberikan izin pelayanan berupa delivery dan take away, tidak ada yang dine-in atau makan ditempat. Ini berlaku untuk semua sektor esensial yang ada di mal.

Saat disinggung kenapa berani memberikan izin mal yang tetap beroperasi. Gibran kembali menegaskan tidak memberikan izin pada yang tidak sesuai dengan ketentuan. Izin yang diberikan hanya pada mereka yang masuk dalam sektor esensial saja, sisanya tidak ada dan harus tutup total selama pelaksanaan PPKM Darurat pada 3 – 20 Juli 2021.

Hal ini ditegaskan tidak akan ada pengecualian apapun, semua harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh masyarakat. Mengenai aplikasi di lapangan, ini akan disesuaikan dengan kearifan lokal, seperti halnya memberikan izin mall tetap beroperasi dengan catatan hanya sektor esensial saja yang bisa beroperasi dengan batasan dan protokol kesehatan (ketat).

Baca juga :  Identitas Pelapor di JAKI Bocor, Warga Kecewa

Gibran juga mengimbau pada semua pihak untuk tetap tenang dalam masa pemberlakuan PPKM Darurat, ini hampir sama dengan PPKM mikro yang sudah diterapkan sebelumnya namun memang harus diperketat mengingat terjadi kenaikan kasus aktif covid-19 setiap harinya dengan jumlah yang sangat tinggi.

Gibran mengajak semua pihak untuk tetap tenang dan jangan panik, ini dapat memancing kericuhan nantinya. Tidak perlu melakukan aksi borong, supermarket, pasar dan sektor esensial lainnya tetap buka sehingga tetap bisa beraktivitas namun sangat terbatas.

Baca juga :  Tersendat Lagi! Pembangunan Masjid Agung Bogor

Gibran berharap PPKM Darurat bisa berjalan dengan baik di Solo sehingga dalam prosesnya bisa sesuai dengan harapan semua pihak yaitu dapat menurunkan angka penularan covid-19, khususnya di Solo sehingga jumlahnya bisa ditekan. Jika langkah ini diterapkan bersama, maka keinginan untuk hidup normal akan semakin dekat apalagi masyarakat Solo sudah mulai aktif dan mau mengikuti vaksinasi. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...