Home Otomotif Gojek dan Grab Mengeluarkan Motor Listrik, Mana yang Lebih Unggul ?

Gojek dan Grab Mengeluarkan Motor Listrik, Mana yang Lebih Unggul ?

TELENEWS.ID – Kampanye dunia dalam mengurangi penggunaan emisi kendaraan di seluruh dunia mulai diikuti oleh perusahaan dunia, salah satunya transportasi online. Unicorn asal Indonesia, Gojek dan Unicorn Singapura, Grab mulai mengembangkan motor listrik sebagai kendaraan online utama mereka.

Grab sendiri sudah memiliki motor listrik Smooth Tempur untuk pasar transportasi online di berbagai negara. Motor smooth tempur ini memiliki 1500 Watt yang memiliki kecepatan 60 kpj. Smooth tempur sendiri dibekali dengan baterai lithium berkapasitas 64 V 22,5 Ah.

Dalam kondisi penuh, motor dapat menempuh jarak maksimal 70 kilometer. Untuk melakukan pengecasan baterai, pengemudi bisa menukarkan baterai yang sudah kosong dengan baterai baru di tempat yang sudah disediakan.

Sedangkan Gojek memiliki motor listrik Gogoro 2. Tipe ini memiliki G2 Motor yang berteknologi Liquid Cooled Permanent Magent Synchronous Motor. Motor ini memiliki tenaga 6,4 KW atau setara 8,7 tk. Kecepatan maksimal Gogoro 2 bisa mencapai 90 kpj.

Dengan baterai dalam keadaan penuh, Gogoro 2 mampu menempuh jarak hingga 150 km. Namun hal ini dipengaruhi oleh kecepatan yang digunakan yaitu maksimal 30 km/jam. Jika kecepatan yang digunakan lebih dari 30 km/jam, kemungkinan penggunaan baterai lebih besar dan jarak maksimal yang dapat ditemput akan berkurang.

Co-Founder sekaligus CEO Gojek, Kevin Aluwi menyatakan bahwa Gojek sudah menjalin kerja sama dengan Pertamina untuk menerapkan skema baterai swap pada motor listrik Gesit dan Gogoro. Gojek berencana akan merilis penggunaan motor listrik ini pada 2030 mendatang.

Namun dalam perjalanannya tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa unit motor listrik jika sudah siap pakai, sudah akan muncul di pasaran sebelum tahun 2030. Uji coba sudah pernah dilakukan Gojek untuk 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan tahun 2021 lalu. Gojek akan langsung meningkatkan uji coba motor listrik untuk 5.000 unit motor dengan jarak tempuh satu juta kilometer.

Baca juga :  Alfa Romeo dan Maserati Tertarik ke Formula E ?

Sedangkan Grab sendiri telah mengumumkan kerja sama dengan produsen kendaraan listrik Singapura, VIAR. Tahun 2021 lalu, grab sudah melakukan serah terima dan memiliki 6.000 unit motor listrik.

Country Manager Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, target Grab sendiri sudah disesuaikan dengan keinginan pemerintah Indonesia untuk menghadirkan dua juta unit EV (Electric Vehicle) pada tahun 2025 mendatang.

Baca juga :  Permalukan Joan Mir di MotoGP Qatar, Inilah Spesifikasi Ducati Desmosedici

Diketahui juga pada tahun 2021, Grab sudah mendistribusikan motor listrik ke Indonesia sebanyak 6.020 unit dan akan terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan permintaan pengguna. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...