Home Daerah Gunakan Anggaran APBD, Masjid Balai Kota Bogor Direvitalisasi

Gunakan Anggaran APBD, Masjid Balai Kota Bogor Direvitalisasi

TELENEWS.ID – Revitalisasi sebentar lagi akan dilakukan untuk mempersolek Masjid Balaikota Bogor. Revitalisasi tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Merujuk kepada kota-kota lainnya dan khususnya Mekkah, Masjid Balaikota Bogor akan mendapatkan sentuhan agar menjadi lebih indah tampaknya.

Yadi Cahyadi selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor mengungkapkan bahwa perluasan akan dilakukan pada masjid yang terletak di kawasan perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tersebut. Yadi juga menambahkan bahwa mimbar bebas akan kembali ditata ulang setelah sebelumnya tidak simetris letaknya.

Sementara itu, luasan yang akan ditambah dalam revitalisasi tersebut adalah sekitar 212,16 meter persegi. Dengan hanya 800 meter luas eksistingnya, maka bagian atap pada masjid juga akan dibongkar.

Yadi menjelaskan bahwa revitalisasi ini dilakukan dengan alasan bahwa kapasitas masjid At-Taqwa memang kurang memadai sebelumnya. Tak ayal banyak sekali jamaah yang harus salat di luar area masjid kala melakukan ibadah salat Jumat.

“Kapasitas memang kurang memadai, bisa dilihat ketika salat Jumat masih banyak yang melakukan ibadah di area luar masjid. Berharap semoga dengan adanya revitalisasi ini bisa menampung lebih banyak jemaah lagi dan bisa menjadi tuan rumah bagi acara besar di Balai Kota,” ujar Yadi.

Setelah dilakukan tender dan pemenang telah diumumkan pada bulan ini, Yadi menerangkan bahwa PT Vanca Utama Perkasa adalah perusahaan yang akan mengelola revitalisasi masjid Balai Kota ini. Target yang dicanangkan untuk menyelesaikan proyek revitalisasi ini adalah 150 hari.

Berbicara tentang konsep revitalisasi masjid, Yadi menambahkan bahwa pihaknya terinspirasi dari sejumlah masjid yang terletak di beberap kota besar. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan nilai estetika yang enak untuk dipandang dari kejauhan.

Baca juga :  8 Resto Dengan Menu Makanan Unik dan Aneh di Bogor

Oleh karena itu, masjid ini akan dilengkapi dengan tiga kubah yang akan dibangun disetiap sudutnya sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam proyek pembangunan.

“Bentuk masjid ingin saya ubah karena belum ada estetika. Karakter masjid yang biasanya dilengkapi dengan kubah pun belum ada. Kubah akan kami buat, sehingga masjid At-Taqwa ini tampaknya akan berbeda nanti. Di beberapa penjuru nanti akan ada tiga buah kubah besar disana,” ungkap Yadi.

Baca juga :  Revitalisasi Terminal Baranangsiang Harus Memperhatikan Nasib Pedagang Kecil

Untuk menambah kesan indah, nantinya kubah tersebut akan dilengakapi dengan pencahayaan yang tepat dan juga ornamen-ornamen untuk mempercantik masjid.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...