Home Hiburan Guys, Berikut 5 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Podcast

Guys, Berikut 5 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Podcast

TELENEWS.ID – Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) resmi melarang seluruh tayangan dari TV Analog dan memindahkan seluruhnya ke TV Digital. Kominfo juga sudah menjalankan kampanye dengan membantu masyarakat untuk beralih ke TV Digital dengan membagikan Set Top Box (STB) gratis.

Seluruh tayangan dari kreasi masyarakat juga sudah beralih perlahan ke versi digital. Youtube dan podcast menjadi salah satu media utama dalam perkembangan bisnis saat ini.

Sudah tidak asing bagi orang dalam mengembangkan bisnisnya di dunia digital Youtube dan Podcast. Bahkan sudah banyak pembelajaran khusus yang dibentuk untuk masyarakat lebih terarah dalam pengembangan kreativitas dalam dunia digital.

Banyak hal yang perlu diperhatikan bagi masyarakat terutama pemula dan awam untuk mulai menjalankan bisnis digital salah satunya podcast. Pertama adalah menemukan topik menarik untuk dibahas.

Segala informasi saat ini sudah sangat mudah ditemukan secara online baik tulisan maupun audio visual. Untuk itu dalam membuat sesuatu yang baru, harus bisa menemukan topik menarik yang jarang, bahkan belum ada. Jika pun informasi tersebut sudah banyak beredar dan orang ketahui, harus tetap membuat sesuatu agar hal tersebut menjadi lebih menarik.

Poin kedua adalah pengaturan format acara. Sekalipun podcast merupakan setting sederhana, hanya obrolan dan tidak ada hal-hal yang banyak dilakukan, namun sebuah format acara tetap wajib diperhatikan. Salah satunya adalah susunan wawancara jika menggunakan narasumber, atau susunan poin penting dalam obrolan nanti.

Poin selanjutnya adalah memanfaatkan relasi yang kalian miliki. Jika Anda sudah memiliki topik yang matang untuk dibangun menjadi podcast, dan sudah menyusun dengan baik format acara dan pembicaraan dalam podcast, selanjutnya Anda perlu memanfaatkan beberapa relasi untuk menjalankan bisnis ini.

Baca juga :  Pelupa? Apple Rilis AirTag Untuk Solusinya

Selain berkolaborasi dengan beberapa orang atau membentuk tim, Anda juga bisa bisa mengundang tokoh penting yang sesuai dengan topik utama podcast Anda. Tokoh ini sangat penting terlebih merupakan seseorang yang lebih ahli daripada Anda terkait topik yang dibicarakan.

Tim yang dibentuk sebagai pendamping Anda juga harus memiliki keahlian di atas Anda untuk proses pasca rekaman. Orang-orang yang mengerti benar bagaimana sebuah segmen dibuat, jalannya proses syuting agar menarik, sampai proses promosi untuk meningkatkan views.

Selanjutnya adalah memulai proses rekaman dan editing podcast baik secara suara yang nantinya akan ditempatkan di platform audio saja, maupun platform untuk audio visual. Setelah itu Anda wajib menentukan platform mana saja yang akan anda gunakan untuk menyebarkan podcast Anda.

Baca juga :  Makna Dibalik Lagu Hits ‘To the Bone’ Ciptaan Pamungkas

Jika hanya secara audio saja, banyak platform seperti Spotify untuk menjadi media. Sedangkan untuk audio visual yang terbaik saat ini adalah Youtube. Platform ini harus dibantu dengan beberapa sosial media untuk penyebaran konten agar banyak orang yang melihat dan mendengarkan seperti Instagram, Twitter, Facebook. Proses spamming yang bisa dilakukan di Kaskus, Quora, dan Telegram. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...