Home Gaya hidup Kesehatan Guys! Mau tahu Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan?

Guys! Mau tahu Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan?

Telenews.id- Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Setelah panas terik hingga suhu mencapai 37 derajat celsius, beberapa daerah di tanah air mulai memasuki masa pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan.

Musim pancaroba seperti sekarang ini kerap disebut juga sebagai musim penyakit. Banyak orang yang kemudian mendadak jatuh sakit, saat musim memasuki masa penghujan. Perubahan suhu yang secara mendadak dari panas terik ke hujan lebat secara tiba-tiba, tak jarang ikut mempengaruhi kesehatan seseorang pula.

Musim pancaroba ditambah saat ini sedang terjadi pandemi, artinya kita perlu ekstra waspada menjaga kesehatan. Perlu kesiapan untuk meningkatkan imun tubuh agar tak gampang sakit saat memasuki musim penghujan. Untuk meningkatkan imun tubuh sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun ternyata ada juga cara sederhana dan mudah, untuk meningkatkan imun tubuh saat sedang memasuki musim penghujan seperti sekarang ini.

Konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C
Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat penting untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Buah-buahan membantu memulihkan energi dan membantu membangun kekebalan karena merupakan sumber nutrisi, seperti vitamin C, dan serat. Apel, jambu biji, pisang, delima, plum, pepaya, kiwi, jeruk, atau jeruk nipis dan buah beri adalah sumber vitamin C terbaik. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi pada tubuh.

Kurangi konsumsi garam
Agar tidak gampang jatuh sakit saat musim penghujan tiba, ada baiknya kamu juga membatasi atau mengurangi konsumsi garam dalam makanan yang kamu santap sehari-hari. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah garam selama musim hujan untuk mencegah BP tinggi dan retensi air. Makan terlalu banyak garam juga dapat mengurangi jumlah energi yang dapat dihasilkan sel sistem kekebalan, sehingga mencegahnya bekerja secara optimal.

Baca juga :  Hii! Cacing Pita 18 Meter Hidup di Tubuh Seorang Lansia 67 Tahun!

Tingkatkan asupan protein
Jika garam sebaiknya dikurangi, maka memasuki musim penghujan seperti ini sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi protein. Protein adalah makronutrien utama untuk meningkatkan kekebalan, penyembuhan luka dan pembentukan otot. Sel imun penting seperti fagosit, limfosit, dan sitokin juga semuanya terdiri dari protein. Protein juga merupakan bagian dari antibodi yang merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh yang sehat. Protein dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti kedelai, produk susu, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, lentil, gandum utuh, dan biji-bijian.

Minum lebih banyak air
Berbeda dengan musim kemarau, di musim penghujan suhu jadi terasa lebih sejuk sehingga banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka haus dan mengalami dehidrasi. Karena itulah sebaiknya tetap konsumsi air 8-10 gelas per hari, untuk menjaga tubuh selalu terhidrasi dengan baik di musim penghujan ini.

Langsung mandi setelah kehujanan
Ada baiknya kamu untuk langsung mandi setelah kehujanan di luar rumah. Mandi membantu menghilangkan segala jenis infeksi atau kuman yang telah terbawa dari luar atau dari air hujan. Selain itu jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, setiap kali selesai melakukan aktivitas di luar ruangan atau sebelum makan.

Baca juga :  Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

Selain itu ada baiknya pula kamu mengkonsumsi suplemen yang membantu untuk meningkatkan daya tubuh. Namun sebaiknya tidak sembarangan, dan konsultasi kan ke dokter terlebih dahulu mengenai jenis suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi di musim penghujan ini.

Nah itulah beberapa cara sederhana dan mudah untuk meningkatkan imun tubuh ketika memasuki musim hujan seperti sekarang ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...