Home Gaya hidup Hal-hal Yang Harus Diketahui Terkait Hubungan Intim Saat Menstruasi, Benarkah Sebuah Penyimpangan?

Hal-hal Yang Harus Diketahui Terkait Hubungan Intim Saat Menstruasi, Benarkah Sebuah Penyimpangan?

TELENEWS.ID-Kontroversi mengenai diperbolehkannya pasangan berhubungan intim saat sang istri sedang haid, mengemuka saat ayah selebrgam Taqy Malik yang bernama Mansyardin Malik dilaporkan wanita yang mengaku sebagai istri sirinya ke polisi.

Marlina, wanita yang mengaku telah menikah siri dengan ayah Taq, mengungkapkan ia dipaksa melakukan hubungan badan saat sedang haid atau menstruasi. Marlina mengaku ia dipaksa berhubungan intim, meksipun sudah menolak karena dengan menstruasi.

“Saya udah bilang saya nggak mau, dia bilang nggak apa-apa kok. Katanya di agama, ulama sebagian menghalalkan dan mengharamkan, tapi dia memaksakan itu ke saya,” kata Marlina.

Apa yang terjadi pada Marlina membuat sang kakak yang bernama Fanca berang. Ia menyebut apa yang dilakukan ayah Taqy kepada adiknya, adalah sesuatu yang menyimpang dan tidak manusiawi. “Istri dengan keadaan haid, dia menyimpang seksual, ini sudah tidak manusiawi,” ujar Fanca.

Lalu benarkah berhubungan intim saat sang istri sedang menstruasi merupakan salah satu bentuk penyimpangan seksual?

Tara Ford seorang asisten dokter dari Medical Center for Female Sexuality di Purchase, New York menyebutkan bahwa sebenarnya tak masalah jika mau berhubungan intim saat istri haid, asalkan kedua belah pihak nyaman dan tidak ada unsur paksaan.

“Jika pasien merasa nyaman dengan itu, maka boleh saja untuk terus berhubungan sepanjang bulan dan tidak perlu istirahat,” kata Ford. “Ini sangat alami dan aman untuk kedua pasangan” tambahnya kemudian.

Meski begitu, beberapa pakar mengingatkan bahwa resiko penularan penyakit seksual akan bertambah tinggi, jika pasangan melakukan hubungan intim saat istri sedang haid.

Jessica Shepherd, MD seorang dokter ahli kandungan asal Texas memperingatkan bahwa resiko tertular HIV atau penyakit seksual lain akan semakin mudah, lantaran adanya darah yang tercampur saat berhubungan intim. Meskipun darah menstruasi berbeda dengan darah normal pada umumnya, namun Jessica memperingatkan bahwa resiko tertular penyakit kelamin juga masih mungkin bisa terjadi karena serviks jadi lebih terbuka saat wanita sedang menstruasi.

Baca juga :  Mengungkap Dr. Lois : Tidak Percaya Covid, Keanggotaan IDI Kadaluarsa dan Terancam Dijerat Pasal Berlapis

Karena itulah kedua dokter ini menyarakan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom, saat pasangan sepakat untuk melakukan hubungan intim ketika istri sedang menstruasi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko penularan penyakit kelamin diantara kedua belah pihak.

Selain itu, rupanya perempuan masih memiliki kemungkinan untuk hamil meskipun melakukan hubungan intim sata menstruasi. Menurut Lauren Streicher, MD seorang profesor dari Northwestern University’s Feinberg School of Medicine, masa subur wanita berbeda-beda satu dengan lainnya.

Bahkan ada wanita yang memiliki masa subur di hari pertama dan kedua dia mengalami menstruasi. Karena itu meskipun sangat kecil dan hampir sangat jarang terjadi, namun kemungkinan seorang wanita untuk hamil saat melakukan hubungan intim ketika menstruasi masih bisa saja terjadi.

Apalagi ketika pasangan memilih untuk berhubungan intim di hari-hari terakhir istri menstruasi. Dr. Streicher menyebut sperma bisa bertahan selama lima hari di dalam tubuh istri. Jadi ketika menstruasi selesai dan istri memasuki masa subur, maka bukan tidak mungkin bisa terjdi ovulasi sehingga kehamilan tak bisa untuk dihindari. Namun meski begitu Dr. Streicher menyebutkan bahwa kemungkinanya sangat kecil sekali.

Baca juga :  Putri Anne Diminta Ikhlaskan Arya Saloka, Ini Tips Hadapi Orang Toxic Yang Coba Rusak Pernikahanmu

Meskipun tidak ada masalah, para ahli sepakat bahwa melakukan hubungan intim saat istri sedang menstruasi memang perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya tentu saja faktor kebersihan dan psikologis dari pasangan sendiri.

Ini karena tidak semua pasangan nyaman untuk tetap melakukan hubungan intim selama masa menstruasi terjadi. Karena itu mereka sekali lagi menegaskan perlu adanya konsensual atau persetujuan dari kedua belah pihak, sebelum melakukan aktivitas suami istri ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...