Home Gaya hidup Harus Tahu, 6 Tanda Persahabatanmu Tidak Akan Bertahan Lama

Harus Tahu, 6 Tanda Persahabatanmu Tidak Akan Bertahan Lama

TELENEWS.ID – Setiap orang pasti berharap memiliki persahabatan yang langgeng dan bertahan lama. Bahkan banyak orang yang merasa persahabatan itu lebih penting dari suatu hubungan percintaan. Namun bagaimana jadinya jika persahabatan ternyata tak bisa bertahan lama?

Sama seperti hubungan percintaan bukan tak mungkin hubungan persahabatan juga bisa kandas di tengah jalan. Kamu mungkin memiliki teman yang sangat akrab ketika sekolah atau kuliah, namun kini kalian tak pernah berkomunikasi lagi sama sekali.

Tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat disayangkan namun dalam hidup memang akan selalu ada perubahan yang akan kita alami, termasuk diantaranya soal urusan pertemanan. Ternyata menurut penelitian, kamu bisa loh melihat tanda-tanda bahwa hubungan persahabatanmu tidak akan bertahan lama, seperti:

  1. Hubungan kalian tidak berimbang
    “Hubungan tidak bisa selalu sama sepanjang waktu, tetapi seiring waktu mereka harus setara,” kata Irene S. Levine, psikolog klinis dan pakar persahabatan. Menurut Irene, ketika dalam suatu hubungan persahabatan hanya satu pihak saja yang berusaha membangun komunikasi dan banyak berkorban, maka hubungan tersebut akan menjadi tidak berimbang dan pada akhirnya akan hancur di tengah jalan.
    Glenda Shaw, penulis “Better You, Better Friends juga mengungkapkan bawah salah satu tanda persahabatan tak akan bertahan lama adalah saat temanmu menjadikan dirinya sebagai fokus dalam hubungan kalian. “Perlu diwaspadai ketika seseorang yang seharusnya menjadi temanmu, mengubah sebagian besar percakapan menjadi monolog pribadi mereka sendiri,” kata Glenda.
  2. Kamu merasa tidak nyaman saat bersama mereka
    Sahabat seharusnya memberikan pengaruh yang baik bagi kita, bukan sebaliknya. Perhatikan apakah interaksi dengan mereka membuatmu merasa lelah atau tidak, apakah orang itu menghakimi atau mengkritik, apakah mereka tidak pernah menegaskan atau menunjukkan rasa terima kasih atau penghargaan kepadamu, atau jika substansi percakapan denganmu selalu negatif.

Ini karena tidak akan ada orang yang tahan terus-terusan dikritik dan diperlakukan dengan tidak baik oleh orang lain, bahkan sahabat mereka sendiri.

  1. Kalian tidak lagi menghabiskan waktu untuk bersama
    Sesibuk apapun seseorang, pasti akan menyempatkan bertemu atau menanyakan kabarmu jika menurut mereka kamu penting dan berharga. “Salah satu penyebab terbesar persahabatan tidak langgeng adalah ketika orang tidak lagi memiliki waktu bersama,” kata pakar persahabatan dan penulis Shasta Nelson.
Baca juga :  Kenali Penyebab Vagina Berbau Kurang Sedap dan 5 Cara Alami Untuk Mengatasinya

Ada banyak orang yang saling menyukai tetapi persahabatan mereka tidak pernah bertahan hanya karena mereka tidak menemukan cara untuk menghabiskan sedikit saja waktu untuk baru bersama, setelah perubahan besar dalam hidup seperti pernikahan atau bekerja di tempat yang baru.

“Ketika sulit untuk menjadwalkan waktu satu sama lain atau jika salah satu atau kalian berdua terus melanggar janji mungkin menunjukkan bahwa motivasi kalian untuk bersama sangat berkurang,” tambah Levine.

  1. Mereka membenci kesuksesanmu
    Tanda lain dari persahabatan yang toxic adalah teman yang berusaha menjatuhkanmu. Perhatikan reaksi mereka ketika kamu meraih kesuksesan dalam hidup, apakah itu pekerjaan atau masalah pribadi. Ketika seorang teman tidak ikut senang atas kesuksesanmu, itu sering kali karena rasa iri di hati mereka. “Menjadi bahagia atas kesuksesan dan selalu mendukung kamu untuk sukses adalah bagian penting dari persahabatan yang sehat,” kata psikolog dan pakar persahabatan Marisa G. Franco.
  2. Komunikasi kalian tak berjalan mulus
    Tidak ada persahabatan yang tidak memiliki konflik atau ketegangan dari waktu ke waktu. Tetapi hal itu seharusnya bisa diatasi dengan komunikasi. Kunci suatu persahabatan yang langgeng adalah komunikasi dua arah. Jika ini tidak terjadi, maka bisa dipastikan persahabatan tidak akan bisa bertahan lama. Jika kamu mengalami masalah dengan teman, lihatlah apakah mereka akan melakukan percakapan yang jujur dan konstruktif tentang hal yang menjadi masalah diantara kalian atau tidak.
  3. Kalian tidak saling mempercayai
    Ketika temanmu adalah si tukang gosip, maka besar kemungkinan kamu tidak akan bisa mempercayakan rahasiamu padanya. Kamu akan sulit percaya padanya, dan khawatir apa yang kalian bicarakan akan dia sebarkan pada orang lain. Salah satu masalah tersulit yang harus dihadapi dalam persahabatan adalah ketika mengetahui bahwa seorang teman tidak jujur padamu. Tidak seperti keluarga dan kolega kita, teman kita adalah orang yang kita pilih dalam hidup kita. Teman sejati adalah orang yang jujur dengan kita, serta orang yang dapat kita percaya.
Baca juga :  Kenali Penyebab Vagina Berbau Kurang Sedap dan 5 Cara Alami Untuk Mengatasinya

Itulah 6 hal yang menurut pakar, menjadi tanda bahwa suatu persahabatan tidak akan bertahan lama. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Thomas Cup 2022 Usai, Ternyata Ada Skor Tertukar Sampai Pamitnya Mohammad Ahsan

TELENEWS.ID – Thomas Cup 2022 telah usai, secara mengejutkan Tim Thomas Cup India dan Tim Uber Cup Korea Selatan berhasil keluar sebagai...

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...