Home Gaya hidup Harus Tahu Begini 5 Tips Mendeteksi Ayam Tiren yang Berbahaya Jika Dikonsumsi...

Harus Tahu Begini 5 Tips Mendeteksi Ayam Tiren yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Manusia

TELENEWS.ID – Pernah mendengar istilah ayam tiren? Bagi pembaca Telenews yang masih asing dengan istilah ini, ayam tiren adalah sebutan untuk ayam yang “mati kemarin” atau ayam yang disembelih saat telah menjadi bangkai.

Menjijikkan sekali bukan? Namun faktanya di tengah masyarakat apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang ini saat harga ayam dan komoditas lainnya beranjak naik, ada saja oknum nakal yang mencari kesempatan demi keuntungan mereka sendiri. Salah satunya mereka menjual ayam yang telah mati sebelum disembelih dan dibersihkan.

Alasan ekonomis dimana ayam yang telah menjadi bangkai lebih murah dibandingkan dengan ayam segar, menjadi alasan mengapa ada oknum penjual daging nakal yang menjual ayam tiren ini. Padahal tentu saja jika dikonsumsi oleh manusia, ayam tiren ini akan sangat membahayakan kesehatan.

Tentu saja bukan hal mudah bagi konsumen awam untuk mendeteksi keberadaan ayam tiren di pasaran. Ini karena oknum penjual nakal biasanya memasukkan dulu ayam ke dalam campuran kunyit dan rempah, sehingga warna pucat dan bau kurang sedap dari ayam bisa dihilangkan untuk sementara.

Sejatinya memang peternak yang menjual ayam yang telah mati, namun bukan untuk konsumsi manusia melainkan diolah untuk konsumsi dan pakan ikan. Akan tetapi ada saja pedagang nakal yang memanfaatkan peluang ini untuk bisa membeli ayam mati dengan harga murah, kemudian mereka akali dan dijual lagi layaknya ayam segar pada umumnya.

Akan tetapi kita masih bisa mendeteksi apakah ayam yang kita beli itu merupakan ayam tiren, ataukah ayam yang disembelih dalam keadaan hidup.

  1. Pertama tentu saja pastikan untuk selalu membeli ayam pada pedagang yang terpercaya. Pedagang yang sudah menjadi langganan dan terkenal karena kebersihan mereka, bisa menjadi pilihan tepat untuk membeli daging ayam segar dan terjamin kualitasnya.
  2. Perhatikan leher ayam yang sudah disembelih. Ayam segar memiliki luka bekas sembelihan yang lebar dan memanjang, karena ayam yang hidup mengalami kontraksi terlebih dahulu saat disembelih.
  3. Pada ayam tiren, luka bekas sembelihan pada leher terlihat kecil atau bahkan nyaris bulat sempurna. Ini karena ketika disembelih, ayam tidak mengalami kontraksi sehingga saluran nafas dan saluran makanan tidak tertarik. Hal ini membuat penampang luka sembelihan terlihat lebih sempit dan kecil.
  4. Biasakan juga untuk membeli ayam dalam keadaan utuh atau saat penjual memotong, kamu bisa melihat dahulu leher ayam dan melihat luka bekas sembelihannya.
  5. Selain itu, ayam tiren tentu saja memiliki bau yang lebih amis dan juga menyengat dan memiliki kulit yang agak pucat kebiruan, meski oleh penjual nakal sering mengakalinya dengan merendam daging menggunakan kunyit dan rempah.
Baca juga :  Inovasi Baru Alat Deteksi Diabetes Pakai Sensor Cahaya
Baca juga :  Jadi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia, Gaya Formal Nan Anggun Maudy Ayunda Jadi Sorotan

Ayam merupakan unggas yang tak boleh sembarangan saat pengolah dan memasaknya. Jika kamu mengkonsumsi ayam tiren, maka risiko yang sulit untuk dihindarkan tentu saja bahaya keracunan makanan dan ter-kontaminasi oleh bakteri salmonella.

Selain itu mengkonsumsi ayam tiren juga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, mual atau muntah yang jika dibiarkan akan menyebabkan dehidrasi dan komplikasi kesehatan serius lainnya.

Tak hanya itu tentu saja mengkonsumsi ayam tiren tidak sesuai dengan syariat agama, karena sama artinya kita telah mengkonsumsi bangkai hewan yang telah mati. Karena itu hati-hati guys saat membeli daging ayam di pasaran ya! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...