Home Gaya hidup Harus Tahu, Ini 6 Tipe Kentut yang Bisa Memprediksi Kondisi Kesehatanmu

Harus Tahu, Ini 6 Tipe Kentut yang Bisa Memprediksi Kondisi Kesehatanmu

TELENEWS.ID – Mungkin tak banyak diantara kita yang tahu bahwa kondisi kesehatan seseorang bisa dilihat dari kentut mereka. Ah masak iya? Mungkin terdengar kurang masuk akal, akan tetapi banyak praktisi kesehatan yang meyakini kentut bisa menjadi indikator penting mengenai kondisi kesehatan seseorang.

Ya dikarenakan sesuatu yang normal, tak banyak orang menyadari bahwa buang gas atau kentut bisa sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka.

“Gas dan udara menumpuk di saluran pencernaan saat makan, mengunyah, dan menelan. Beberapa di antaranya diserap secara alami oleh tubuh, dan kemudian dilepaskan sebagai kentut atau sendawa.” kata Niket Sonpal, MD, seorang internis dan gastroenterolog di kota New York.

Kentut sepanjang siang dan malam sebagian besar merupakan hal yang wajar, dan menjadi tanda pelepasan penumpukan gas yang dapat menyebabkan kembung dan tidak nyaman. Tapi itu tidak berarti kamu bisa mengabaikan kentut.

Dengan memperhatikan frekuensi, bau, dan jika terjadi dengan gejala pencernaan tambahan; dapat memberi petunjuk tentang tubuh dan bahkan memberi tahu tentang beberapa kondisi kesehatan yang berpotensi serius.

Berikut adalah enam jenis kentut yang harus kamu perhatikan, dan apa yang coba disampaikan tubuh saat kamu buang gas ini!

  1. Jika kamu sering kentut dan sembelit
    Serat menjadi salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukah kamu bahwa kentut yang terlalu sering dan disertai dengan sembelit, menjadi penanda bahwa kamu makan terlalu banyak serat. “Jika orang makan serat secara berlebihan, ini bisa mulai menyebabkan gas, kembung, kram, dan sembelit,” kata Dr. Sonpal. Ini karena serat menumpuk dan mengeraskan tinja dan membuat penumpukan gas di dalam perut.
  2. Jika kamu sering kentut sepanjang siang dan malam
    Kalau kamu mendadak sering kentut sepanjang siang dan malam, maka kamu perlu mengurangi minuman yang bersoda guys. Minuman bersoda seperti kola dapat memasukkan lebih banyak udara dan gas ini ke saluran pencernaan, membuat kamu lebih sering kentut dan bersendawa.
  3. Jika kamu kentut dan berbau sangat tidak sedap
    Memang hal yang wajar jika aroma gas yang keluar dari perut itu baunya tidak sedap. Namun apakah belakangan ini kamu merasa bau kentut menjadi lebih tidak sedap dibandingkan biasanya? Jika iya maka sebaiknya kamu mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan sulfur-nya. “Makanan kaya sulfur seperti brokoli dan kubis akan mengeluarkan bau telur busuk saat dipecah dalam sistem pencernaan,” kata Dr. Sonpal. Sejatinya kentut yang bau tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika terus berlanjut, mungkin kondisi ini terkait dengan penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus besar.
  4. Jika kamu kentut berbau tidak sedap dan disertai sakit perut
    Kentut yang disertai sakit perut atau ketidaknyamanan setelah makan dapat dikaitkan dengan intoleransi makanan. Dalam hal ini kamu mengalami intoleransi laktosa. Kondisi ini yang berarti tubuh tidak menyerap laktosa atau gula dalam produk susu sampai ke usus kecil, tempat bakteri memecahnya sehingga melepaskan kentut yang berbau busuk.
  5. Jika kamu tiba-tiba sering kentut dan baunya busuk
    Untuk wanita, tiba-tiba sering kentut berbau busuk bisa dikaitkan dengan tanda perubahan hormon estrogen dalam tubuh. Hal ini umumnya terjadi menjelang atau ketika kamu menstruasi. Dokter Sonpal mengatakan “Jika hormon estrogen terlalu banyak diproduksi, dapat membuat membuat organ lain berkontraksi, termasuk usus”. Selain itu perubahan bakteri selama menstruasi juga memengaruhi pencernaan, dan bisa membuat kentut lebih berbau.
  6. Jika kamu sering kentut disertai BAB tidak teratur
    Kalau kamu mendadak sering kentut disertai dengan BAB atau buang air besar tidak teratur, itu menjadi penanda bahwa tubuhmu sedang melawan stress. Stres juga bisa membuat menelan lebih banyak udara tanpa disengaja. Dan tentu saja, kecemasan memengaruhi sistem pencernaan dan mengubah frekuensi buang air besar begitu kata dokter Sonpal. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Meskipun Sepele, 6 Kebiasan Ini Bisa Merusak Keindahan Rambut Kamu
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...