Home Gaya hidup Harus Tahu, Ini Tips Mudah Menenangkan Anak yang Tantrum dan Rewel

Harus Tahu, Ini Tips Mudah Menenangkan Anak yang Tantrum dan Rewel

TELENEWS.ID – Anak yang rewel atau tantrum memang bisa menjadi hal yang benar-benar menguji kesabaran orangtua. Masalahnya, orangtua terkadang tidak mengerti apa yang anak mereka inginkan. Anak yang masih balita atau bahkan batita, merasa kesulitan untuk menyampaikan apa mau mereka pada orangtuanya.

Alhasil anak kemudian menjadi tantrum dan rewel, karena merasa orangtua tidak mengerti apa yang mereka inginkan. Kondisi ini acapkali menguji kesabaran orangtua, namun tak jarang juga ada diantara mereka yang lepas kontrol sehingga melakukan tindakan kekerasan pada anak mereka.

Tantrum biasanya dipicu oleh rasa lapar, lelah, tidak nyaman, dan frustrasi. Kondisi ini sering muncul biasanya ketika anak menginjak usia dua tahun, ketika keterampilan bahasa mereka mulai berkembang tetapi mengekspresikan perasaan mereka dan mengelolanya, adalah sebuah hal sulit yang harus mereka lakukan.

Kondisi anak-anak yang tantrum ini bahkan pernah mendapatkan penelitian dari Yale Univerysity. Dua belas keluarga yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut kata Denis Sukhodolsky, profesor di Yale Child Study Center yang menjadi ketua penelitian ini. Sementara itu, anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini semuanya memiliki Oppositional defiant disorder (ODD) atau Disruptive mood dysregulation disorder (DMDD) yang membuat anak jadi sering marah, rewel dan mengamuk.

“Studi Yale mengakui bahwa amukan adalah bagian yang penting untuk kesehatan mental dan kemandirian anak,” kata Sukhodolsky. “Dan semua orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengelola tantrum, sehingga ledakan itu naik ke tingkat masalah klinis atau tidak”, tambahnya.

Para ahli menyarankan orang tua untuk tetap tenang dalam menghadapi tantrum. Reaksi spontan orangtua yang terkadang hilang kesabaran, bisa menambah buruk keadaan. Mungkin orangtua memiliki kebiasaan meninggikan suara atau menegur anak karena rewel yang ternyata hanya membuat anak semakin marah dan rewel.

Baca juga :  Amankah Melakukan Olahraga saat Puasa? Ini Jawabannya Menurut Ahli!

Namun peneliti mengklaim menemukan teknik sederhana yang mengejutkan, dan dapat membantu orangtua dan anak kembali tenang. Teknik tersebut adalah: menyanyikan sebuah lagu untuk anak-anak. Tujuannya di sini bukan tentang menghentikan amukan mereka, tetapi tentang menenangkan dan menciptakan bonding antara orangtua dan anak selama momen yang sulit.

“Menyanyi memiliki efek menenangkan pada otak dan tubuh baik bagi penyanyi maupun pendengarnya,” kata terapis keluarga Cassidy Freitas. “Menyanyi dapat membantu kita menenangkan diri kita sendiri selama momen-momen sulit mengasuh anak. Teknik ini juga memberi contoh menenangkan diri kepada anak kita, serta memberikan keterampilan komunikasi dan koneksi saat kita berusaha memberikan rasa aman pada anak-anak” tambahnya lagi.

Apa yang orangtua nyanyikan atau bagus atau tidaknya suara mereka, bukan suatu masalah besar begitu kata Freitas. Orangtua bisa memilih lagu favorit yang sudah mereka tahu, atau lagu berisi pesan afirmatif yang dibuat orangtua sendiri.

Freitas mengatakan dia merasakan bahwa dengan menyanyi menjadi yang paling efektif, sampai akhirnya anak-anaknya menjadi tenang dan bisa ia raih atau peluk. Ketika anaknya mulai tenang. Freitas akan bertanya apakah anaknya mulai tenang. Jika mereka mengatakan ya, maka dia akan merengkuh mereka, memanngku, memeluk dan selanjutnya bernyanyi untuk semakin menenangkan mereka.

Baca juga :  Begini Cara Memilih Warna Busana Sesuai dengan Warna Kulitmu

Meski begitu, Freitas mengatakan bahwa setiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda, untuk ditenangkan dengan teknik bernyanyi ini. Ada yang bahkan membutuhkan waktu agak lama, sehingga orangtua harus lebih sabar dan lebih lama menyanyikan lagu untuk mereka. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...