Home Gaya hidup Harus Tahu, Inilah 5 Makanan Pendongkrak Imun Tubuh di Musim Hujan

Harus Tahu, Inilah 5 Makanan Pendongkrak Imun Tubuh di Musim Hujan

TELENEWS.ID-Sejak kecil, kita sering mendengar bahwa musim penghujan adalah musim penyakit. Ayah dan ibu kita sering memperingatkan kalau jangan main hujan-hujanan, nanti bisa sakit. Padahal sebenarnya di musim apapun kalau kondisi dan imun tubuh sedang tidak baik, maka pastinya kita akan jadi gampang sakit.

Saat musim pandemi seperti sekarang ini, kekhawatiran kita akan jadi gampang sakit di musim penghujan memang meningkat. Lalu benarkah di musim dingin atau musim penghujan kita jadi gampang sakit?

Dr. William Schaffner ahli penyakit menular dari Vanderbilt University di Tennessee menyebutkan bahwa di musim dingin atau penghujan kita memang jadi gampang sakit, terutama sakit pernafasan. Namun bukan karena musimnya yang membuat kita sakit, tapi ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

“Infeksi saluran pernafasan menular lebih cepat di musim penghujan akrena dua alasan” ujar Dr. Schaffner. “Pertama karena kita akan lebih sering di ruangan tertutup dan berdekatan dengan orang lain” ujarnya.

Alasan kedua karena faktor kelembaban yang membuat virus jadi mudah menyebar dan berumur panjang di musim penghujan. Tak pelak saat musim dingin atau penghujan, orang jadi lebih rentan terkena flu terutama infeksi pernafasan.

Tentu saja jatuh sakit di masa pandemi seperti ini merupakan hal yang sangat mengkhawtirkan. Namun asalkan imun tubuh mu baik, maka tak perlu khawatir gampang jatuh sakit di musim penghujan seperti sekarang ini.
Kamu juga bisa meningkatkan imun tubuh di musim hujan, dengan berbagai jenis makanan ini:

  1. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu jenis superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan menusia. Salah satunya kunyit merupakan imun booster yang kaya akan kandungan anti peradangan, anti bakteri, anti virus dan anti jamur di dalamnuya. Curcumin yang ada di dalam kunyit merupakan sumber anti oksidan alami yang cocok untuk meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi kunyit dengan menjadikanya minuman hangat di musim hujan ini.
  2. Yogurt
    Tak hanya cocok untuk diet dan menyehatkan lambung, yogurt juga makanan yang cocok di konsumsi di musim hujan untuk meningkatkan imun tubuhmu. Prebiotik dalam yogurt membantuk untuk membentuk imun tubuh yang kuat. Selain itu yogurt juga kaya akan kandungan vitamin B12 yang membantu melindungi dan menyehatkan lambung.
  3. Jamur
    Lezat dan merupakan sumber protein nabati yang baik, jamur bisa jadi bahan makanan yang baik di konsumsi di musim hujan untuk meningkatkan imun tubuh. Jamur kaya akan kandungan vitamin D, potasium, serat, dan selenium yang berperan penting untuk meningkatkan imun tubuh kita. Kamu bisa membuat semangkuk sup jamur hangat dengan tambahan protein lain dan sayuran, yang lezat disantap di musim hujan seperti sekarang ini.
  4. Brokoli
    Sup brokoli dengan jamur akan jadi kombinasi hebat membentuk imun tubuh di musim hujan seperti sekarang ini. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung zat besi, potasium, kalsium, selenium dan magnesium yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini juga tinggi akan kandungan protein, Vitamin A, C, E dan K serta asal folat di dalamnya.
  5. Sumber protein hewani seperti telur dan ikan
    Telur dan ikan sangat direkomendasikan untuk sering disantap di musim hujan seperti ini. Telur mengandung protein tinggi yang membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara ikan terutama ikan laut, memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan penting zabagai anti peradangan di dalam tubuh kita.
Baca juga :  Ketahui Perbedaan Antara Butter dan Margarin, Serta Khasiatnya untuk Kesehatan
Baca juga :  Wanita Harus Tahu, 5 Cara Alami Untuk Mengatasi Jerawat yang Muncul Saat Menstruasi

Selain makanan diatas, pastikan kamu juga harus cukup minum agar tidak terhidrasi. Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan multivitamin sesuai petunjuk dokter, untuk dikonsumsi di musim penghujan seperti saat ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...