Home Ekonomi Harus Tahu, Ternyata Begini 6 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Perayaan Natal

Harus Tahu, Ternyata Begini 6 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID – Menjelang Natal seperti ini, banyak sekali hal-hal yang sudah harus dipersiapkan mulai jauh-jauh hari. Tak hanya dekorasi, kado dan aneka kue-kue kering untuk suguhan Natal, kamu juga harus mulai memikirkan budget untuk mengatur keuangan jelang hari rayamu ini.

Sama seperti perayaan hari besar agama lainnya, urusan budget menjelang Natal memang tak boleh dikesampingkan. Apalagi di masa sulit seperti sekarang ini, dimana kamu tidak bisa teledor dan sembarangan soal keuangan. Salah mengatur budget bisa membuatmu mendadak kehabisan uang menjelang atau setelah Natal.

Kenapa kamu perlu mempersiapkan budget jauh-jauh hari? Tentu saja agar kamu tak melakukan pemborosan dan bahkan masih bisa menyimpan sejumlah uang, namun tetap bisa merayakan Natal yang berkesan bersama keluarga. Lalu apa saja tips mengatur keuangan atau budgeting menjelang natal ini?

  1. Tulislah semua sumber pendapatanmu
    Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menuliskan semua sumber pendapatanmu baik itu pekerjaan utamamu, atau pekerjaan sampingan yang mungkin juga kamu lakukan. Dengan begini, kamu akan tahu seberapa besar pendapatanmu secara keseluruhan selama satu bulannya dan kira-kira, sumber pendapatan mana yang bisa disisihkan untuk di tabung, mana pula yang bisa dipakai untuk keperluan Natal.
  2. Ketahui juga sumber pengeluaran anggaranmu
    Kamu juga harus mengetahui berapa anggaran yang akan kamu keluarkan untuk keperluan Natal. Tak hanya itu meski kamu fokus untuk Natal, namun kamu tak bisa mengesampingkan anggaran belanja bulanan juga. Artinya ya memang untuk bulan depan kemungkinan kamu akan memiliki dua pos pengeluaran, yaitu untuk kebutuhan Natal dan kebutuhan bulanan. Karena itulah ada baiknya mulai dari sekarang, kamu perhitungkan pula mengenai pengeluaran-pengeluaranmu di bulan mendatang.
  3. Buat daftar pengeluaran khusus untuk Natal
    Jumlah yang kamu belanjakan harus didasarkan pada jumlah penghasilan, jumlah tabungan, dan apa yang dapat kamu sesuaikan dengan anggaran untuk Natal tahun ini. Karena itulah buatlah daftar keperluan Natal apa saja yang kamu butuhkan mulai dari kue kering, dekorasi, bahan makanan, kado Natal, baju baru dan lain sebagainya. Usahakan untuk mematuhi anggaran yang kamu buat dan tak berbelanja lebih dari anggaran tersebut.
  4. Tak semua orang harus menerima kado Natal darimu
    Natal memang identik dengan bertukar kado, sebagai cara untuk meningkatkan hubungan dengan seseorang. Akan tetapi kamu harus ingat tak semua orang harus menerima kado Natal darimu. Ada baiknya kamu memberikan kado Natal untuk orang terdekatmu saja. Ini bisa membantumu untuk menghemat sejumlah uang saat Natal. Selain itu pada hakekatnya adalah perayaan Natal itu sendiri dan bukan dihitung dari kado yang diterima atau diberikan.
  5. Siapkan kado jauh-jauh hari
    Mulai dari sekarang kamu bisa mempersiapkan kado Natal untuk orang-orang terdekatmu. Memang menjelang Natal akan banyak diskon, namun apakah kamu yakin akan mendapatkan semua barang itu atau menerimanya tepat waktu ketika berbelanja di aplikasi e-comerce? Karena itulah ada baiknya kamu belanja mulai dari sekarang dan cari penawaran menarik untuk barang-barang yang ingin kamu beli sebagai hadiah Natal.
  6. Siapkan dana tak terduga
    Kamu harus tetap menyiapkan dana tak terduga yang bukan merupakan uang tabunganmu, untuk Natal kali ini. Dana tak terduga ini bisa kamu gunakan jika mendadak ada anggota keluarga yang sakit saat Natal atau untuk pengeluaran darurat lainnya.
Baca juga :  Rayakan National Boyfriend Day, Inilah Hal-hal Yang Ingin Didengar Pria dari Kekasihnya
Baca juga :  Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Itulah beberapa tips mengatur keuangan menjelang Natal seperti ini guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...