Home Internasional Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022) untuk melakukan dialog utama terkait perdamaian, terutama Rusia dan Ukraina yang hingga saat ini masih bersitegang.

Fakta mengejutkan yang disampaikan Presiden Zelensky kepada Presiden Jokowi kala menyambutnya di depan istana negara Ukraina adalah Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang berkunjung ke negaranya. Hal ini diperparah dengan invasi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina, menjadikan semakin segannya pemimpin dunia untuk berkunjung, bahkan membicarakan hal lain seperti kerja sama antarnegara dengan Ukraina. Presiden Zelensky juga sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi beserta ibu negara, Iriana Jokowi atas kunjungan mereka.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa salah satu hal yang membawanya berani berkunjung ke Ukraina di tengah perang yang masih berkecamuk adalah kepedulian bangsa Indonesia terhadap Ukraina. Selain itu Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia antara Rusia dan Ukraina adalah netral yang tidak akan berpihak kepada siapapun. Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa memang sebuah negara harus menjaga kedaulatan dan integritas wilayahnya. Namun Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa penyelesaian konflik antarnegara dapat dilakukan dengan duduk bersama dan damai.

Selain itu Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya siap membawakan pesan yang ingin disampaikan Presiden Zelensky kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat kunjungannya ke Rusia yang direncanakan pada Kamis (30/06/2022). Selain itu Presiden Jokowi juga membawakan beberapa bantuan untuk masyarakat Ukraina yang terdampak perang, terutama obat-obatan. Presiden Jokowi juga menyatakan dirinya siap untuk membantu Ukraina membangun kembali negaranya pasca perang terutama di sekitar ibukota Kyiv.

Baca juga :  Wabah Corona, Presiden Rusia Tunda Pemungutan Suara Amandemen Konstitusi

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky sempat membahas soal pasokan gandum dari Ukraina yang merupakan eksportir gandum terbesar di dunia. Indonesia cukup bergantung pada pasokan gandum tersebut. Untuk itu, Presiden Jokowi sangat berharap bahwa semua pihak dapat mendukung kelancaran proses eksport gandum ini ke berbagai negara walaupun dengan jalur laut yang tentunya akan memakan waktu lebih lama. Hasil eksport ini juga dapat menjadi pemasukan bagi Ukraina dalam upaya pemulihan ekonomi dan infrastruktur pasca perang.

Poin berikutnya adalah Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Dalam kesempatan ini, mantan gubernur DKI Jakarta ini kembali menyampaikan undangannya secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk hadir dalam pertemuan para pemimpin dunia tersebut. Menurutnya akan banyak persoalan yang dibahas salah satunya adalah perdamaian dunia dan menjaga ketahanan ekonomi dunia untuk masa depan. Tentunya Ukraina menjadi salah satu negara yang dibutuhkan dalam pertemuan tersebut dan juga bisa menjadi diskusi dalam membantu pemulihan negara Ukraina sendiri. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...