Home Gaya hidup Hati-Hati Jangan Mudah Tertipu Ciri-Ciri Loker Bodong yang Wajib Anda Waspadai

Hati-Hati Jangan Mudah Tertipu Ciri-Ciri Loker Bodong yang Wajib Anda Waspadai

TELENEWS.ID – Informasi lowongan kerja menjadi satu kebutuhan bagi pencari kerja dengan spesifikasi dan bidang. Namun, perhitungkan kembali bahwa ada banyak informasi lowongan kerja bodong yang perlu Anda perhatikan.

Kasus penipuan dari informasi lowongan kerja masih marak terjadi dan dari kerugiannya juga tidak tanggung-tanggung. Pada dasarnya pencari kerja masih kerap mendapat kerugian dari informasi lowongan kerja karena tidak adanya literasi seputar langkah menghindari modus penipuan dari informasi lowongan kerja.

Banyak oknum yang sengaja menjebak para pencari kerja dengan menyebarkan informasi lowongan kerja bodong. Karena itu dari halaman resmi Kementerian Ketenagakerjaan pada Kamis (17/3/2022) yang mana menjelaskan bahwa kasus penipuan masih sangat beragam modusnya. Salah satunya penipuan lowongan kerja yang memakan banyak korban dengan memberi iming-iming gaji tinggi dan juga jabatan menggiurkan.

Dilansir dari akun resmi Kementerian Ketenagakerjaan di Instagram, terdapat enam ciri-ciri informasi lowongan kerja bodong yang perlu Anda waspadai seperti pada informasi berikut ini.

1.Menggunakan Email dan Website Gratisan
Pastinya dari awal melihat sumber informasi lowongan kerja bsia diperhitungkan pada aspek ketersediaan email dan kriteria websitenya. Ada standar website gratisan yang kerap dipakai oleh si pelaku penipuan. Memang dari sisi nama domain dan alamat website info lowongan kerja bodong tersebut masih memakai domain perusahaan yang hampir sama.

Akan tetapi cermati kembali dari sisi penggunaan email yang terkesan masih memakai email gratisan bahkan tidak mencantumkan nama perusahaan di dalam badan email.

2.Disebarkan Melalui SMS
Berikutnya Anda bisa melihat seperti apa ciri informasi lowongan kerja bodong yang kerap disebarkan via SMS. Secara tidak langsung Anda perlu mendapatkan respon cepat dan juga berhati-hati bila ada pesan singkat menyasar di ponsel dengan tawaran informasi kerja.

Baca juga :  Tips Anti Gerah dan Tetap Nyaman Tampil Berhijab

Rata-rata proses awal melakukan pengiriman dokumen lamaran kerja kemudian proses interview dilakukan secara cepat ataupun terkesan buru-buru.

3.Melakukan Telepon Langsung
Masih sering terjadi dalam informasi lowongan kerja justru seperti metode aslinya yang mana langsung menyampaikan bila ada informasi email masuk dari pihak pencari kerja. Dari modus pelaku penipuan tersebut masih sering meminta adanya tindakan lebih lanjut seperti pemanggilan interview ataupun ada persyaratan lainnya.

4.Menawarkan gaji Tinggi
Perhatikan dari satu modus penipuan kerja yang mana masih menawarkan gaji tinggi terhadap pencari kerja. Padahal dari segi level kerja dan jabatan yang ditawarkan hanya sebagai staf biasa. Sehingga bagi pencari kerja perlu berhati-hati terhadap penawaran gaji tinggi meskipun dari posisi jabatannya tidak terlalu mentereng.

5.Wajib Mencantumkan Foto Karyawan
Ada proses dimana pelaku modus penipuan lowongan kerja kerap memberi persyaratan salah satunya mencantumkan foto karyawan untuk bisa meyakinkan calon korban. Padahal dari persyaratan foto tersebut sebenarnya tidak wajib, sehingga ada poin dimana pelaku penipuan tersebut sengaja memberi persyaratan yang dirasakan tidak perlu dan pastinya untuk meyakinkan calon pekerja hingga ada modus penyalahgunaan data.

Baca juga :  Balapan Liar Menjadi Resmi?

6.Meminta Pengiriman Uang
Terakhir masih sering terjadi dimana pelaku modus penipuan dari informasi lowongan kerja ini meminta sejumlah uang untuk biaya administrasi ataupun keperluan lainnya. Karena itu jangan sampai Anda mengirimkan sejumlah uang dengan iming-iming jabatan tinggi ataupun sistem kerja yang mudah dan menawarkan status karyawan tetap.

Modus penipuan dari informasi lowongan kerja sebenarnya bisa dihindari, namun masyarakat masih tergiur dengan jabatan tinggi, gaji tinggi, kemudian platform perusahaan ternama tanpa melihat review dari alamat email sampai situs websitenya. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...