Home Nasional Hukum Hati-Hati, Ngeprank Bakal Didenda Rp10 Juta

Hati-Hati, Ngeprank Bakal Didenda Rp10 Juta

TELENEWS.ID – Ngeprank kini menjadi fenomena di media sosial dan bahkan seringkali ditemukan sebagai bentuk konten yang menjadi viral hingga dianggap jalan mudah untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Namun bagi pelaku prank, sekarang harus lebih hati-hati karena ancaman pidana yang menanti.

Dikutip dari RUU KUHP yang didapat dari berbagai sumber, Pasal 335 mengatur ancaman bagi pelaku prank dengan berbunyi: “Setiap orang yang di tempat umum melakukan kenakalan terhadap orang atau barang yang dapat menimbulkan bahaya, kerugian, atau kesusahan dipidana dengan pidana denda paling banyak kategori II.”

Dalam Pasal 79 ayat 1 RUU KUHP disebutkan bahwa ancaman denda kategori II maksimal Rp10 juta.

Namun selain prank, yang termasuk delik ini adalah mencoret-coret tembok di jalan umum.

Kemudian bagi yang merasa tidak terima sebagai korban prank, bisa menuntut dengan menggunakan pasal tindak pidana penghinaan. Pasal 439 RUU KUHP yang berbunyi:

(1) Setiap Orang yang dengan lisan menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan cara menuduhkan suatu hal, dengan maksud supaya hal tersebut diketahui umum, dipidana karena pencemaran, dengan pidana penjara paling lama 9 (sembilan) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.

(2) Jika perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan tulisan atau gambar yang disiarkan, dipertunjukkan, atau ditempelkan di tempat umum, dipidana karena pencemaran tertulis, dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.

(3) Tidak merupakan Tindak Pidana jika perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilakukan untuk kepentingan umum atau karena terpaksa membela diri. (Dhe)

Baca juga :  Nasib KKB Setelah Dilabeli Teroris
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...