Home Gaya hidup Heboh Proyek Gorden DPR 48 Miliar, Ini Tips Merawat Gorden Agar Awet

Heboh Proyek Gorden DPR 48 Miliar, Ini Tips Merawat Gorden Agar Awet

TELENEWS.ID – 48 Miliar untuk beli gorden, tentu saja merupakan dana yang fantastis. Namun itulah jumlah anggaran yang disebutkan oleh anggota DPR, untuk penggantian gorden di rumah jabatan anggota DPR.

Para wakil rakyat ini menyediakan pagu anggaran sebesar Rp 48,7 miliar, untuk pengadaan gorden di sekitar 505 unit rumah jabatan anggota DPR di Kalibata, Jakarta Selatan. Kabarnya satu rumah akan mendapatkan satu set gorden senilai sekitar Rp 90 juta.

Tentu saja hal ini menciptakan pro dan kontra, apalagi di masa sulit saat bangsa ini sedang berjuang bangkit dari pandemi. Namun Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar menyebutkan penggantian gorden ini sangat wajar sebab menurutnya sudah 12 tahun rumah dinas anggota DPR tidak mengganti gordennya.

“Perlu saya jelaskan bahwa sejak tahun 2020 memang banyak permintaan dari anggota dewan kepada Kesekjenan untuk pergantian gorden dan vitrase di rumah jabatan yang sudah sangat tidak layak” ujar Indra. “Karena saya sudah sampaikan gorden terakhir diganti sebagian pada tahun 2009. Sudah sekitar 12-13 tahun yang lalu,” tambahnya lagi.

Gorden sendiri menjadi salah satu perabotan rumah yang sebenarnya cukup awet. Namun tentu saja jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, maka gorden akan cepat aus, kotor dan tentu saja tak enak dilihat.

Tidak dapat disangkal, bahwa satu set gorden yang bagus meningkatkan suasana ruangan dan memberikan perasaan hangat dan privasi bagi penghuninya. Masalahnya adalah seperti karpet, untuk merawat gorden kamu membutuhkan perawatan dan perhatian tertentu agar gorden tidak berubah warna dan tetap awet. lalu bagaimana sebaiknya merawat gorden di rumah?

  1. Gunakan puring gorden
    Matahari adalah musuh utama bagi kain gorden. Kain gorden berwarna terang umumnya memantulkan sinar matahari dan warnanya lebih tahan lama. Sedangkan warna gelap lebih menyerap cahaya dan cepat memudar. Untuk melindungi kain pada gorden dari sinar matahari, gunakan kerai atau puring pada jendela.
  2. Cuci gorden secara terpisah
    Jika kamu ingin mencuci gorden sendiri di rumah, sebaiknya pisahkan dengan jenis pakaian yang lainnya. Ini untuk mencegah gorden kelunturan warna dari pakaian yang lainnya. Selain itu lepaskan semua kaitan dari gorden, sebelum memasukkannya ke mesin cuci.
  3. Gunakan vacuum untuk membersihkan gorden yang besar dan tebal
    Ada baiknya gorden dicuci setiap tiga bulan sekali. Namun bukan berarti kamu tidak membersihkan gorden di rumahmu sama sekali. Untuk perawatan sehari-hari, kamu bisa menggoncang-goncangkan gorden untuk menghilangkan debu yang menempel. Selain itu setiap sebulan sekali, kamu bisa menggunakan vacuum untuk menghilangkan debu yang menempel terutama pada gorden yang besar dan tebal.
  4. Gunakan sabun cuci piring untuk noda membandel
    Jika ada noda membandel yang menempel di gorden, kamu bisa mencoba untuk menghilangkannya dengan menggunakan sabun pencuci piring guys. Untuk membersihkan noda, larutkan beberapa tetes sabun mandi ke dalam air hangat, aduk hingga berbusa. Kemudian ambil spons yang bersih, celupkan sebentar pada larutan sabun, lalu usap perlahan spons ke pada noda. Setelah itu seka dengan kain bersih, dan ulangi sesuai kebutuhan sampai noda hilang.
  5. Pastikan jendela juga dalam keadaan bersih
    Salah satu faktor yang membuat gorden menjadi awet dan tahan lama, tentu saja adalah kondisi dari jendela itu sendiri. Jika jendela kotor dan berdebu, maka akan mudah menempel pada jendela dan puringnya. Karena itulah kamu perlu memastikan untuk kebersihan jendela. Selalu bersihkan bagian jendela secara menyeluruh, terutama untuk bagian kaca dan juga teralisnya. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Muhammad Alhamid Resmi Nahkodai DKPP
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...