Home Travel Kuliner Heboh Rendang Babi, 5 Bahan Nabati yang Sehat Ini Juga Bisa Dibuat...

Heboh Rendang Babi, 5 Bahan Nabati yang Sehat Ini Juga Bisa Dibuat Jadi Rendang nan Lezat

TELENEWS.ID – Media sosial dihebohkan dengan berita mengenai rendang daging babi yang dijual secara online. Hal ini memicu pro dan kontra, sampai akhirnya sang pemilik usaha rendang babi ini muncul dan memberikan klarifikasi.

Sergio pemilih usaha rendang babi ini menyampaikan permintaan maaf, dan menegaskan dia tak bermaksud membuat heboh dan melecehkan masyarakat Sumatera Barat dengan produknya tersebut.

“Saya mau minta maaf yang sebesar-besarnya. Pertama buat pihak-pihak yang merasa tersinggung karena ini, soalnya benar-benar enggak ada maksud untuk menyinggung,” kata Sergio.

Meskipun begitu, Sergio menegaskan bahwa produk yang ia jual sudah menyertakan label non-halal agar tidak dibeli dan dikonsumsi oleh umat Muslim. “Karena kita enggak mau nanti ada orang yang makan enggak itu ada mengandung babinya. Jadinya kita mau enggak secara menu harus secara eksklusif ditulis ada babinya” tambahnya lagi.

Sergio juga menambahkan bahwa usaha rendang babi yang ia kelola sebenarnya sudah tutup sejak tahun 2020 yang lalu. “Sudah lama sejak tahun 2020. Hanya sekitar tiga bulan, bahkan harusnya lebih kurang sih,” kata Sergio menambahkan.

Rendang sendiri merupakan masakan khas Padang yang bahkan pernah mendapatkan predikat sebagai makanan terlezat di dunia. Biasanya terbuat dari daging sapi, ayam bahkan ikan; ternyata rendang juga bisa dibuat dari makanan berbahan nabati atau tumbuhan.

Rendang jenis ini tak kalah lezat, namun bergizi tinggi dan juga cocok untuk penganut gaya hidup vegetarian. Apa saja itu?

  1. Rendang tahu dan tempe
    Rendang juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan tahu dan tempe loh guys. Cara membuatnya juga lebih simpel karena tahu dan tempe lebih lunak, sehingga tak membutuhkan waktu lebih lama untuk memasaknya. Selain itu tahu dan tempe juga dikenal sebagai makanan yang bergizi tinggi. Kedua produk kedelai ini rendah sodium dan bebas kolesterol. Tempe menyediakan lebih banyak protein, serat, zat besi, dan kalium per porsi, sedangkan tahu mengandung lebih banyak kalsium dan lebih rendah kalori
  2. Rendang jengkol
    Rendang jengkol yang satu ini bisa kamu temui di warung-warung makan khas Betawi. Jengkol yang jadi favorit banyak orang terlepas baunya yang “aduhai”, semakin lezat dan legit saat diolah menjadi rendang. Jengkol sendiri diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan. jengkol dipercaya memiliki khasiat obat, seperti menjernihkan darah, meredakan disentri dan mencegah diabetes. Namun jengkol juga mengandung zat yang disebut asam djenkolic, yang dapat mengganggu sistem kemih jika dikonsumsi secara berlebihan.
  3. Rendang jamur
    Para penggemar makanan ini mengatakan rendang jamur memiliki rasa yang sangat mirip dengan daging. Salah satu varian jamur yang sering digunakan sebagai bahan rendang adalah jamur tiram. Jamur tiram adalah jenis jamur yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Selain bergizi tinggi, jamur ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh, mendorong kontrol gula darah yang sehat, dan memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi.
  4. Rendang kentang
    Rasanya yang pulen, empuk dan juga tak kalah lezat dengan rendang daging membuat rendang kentang juga jadi favorit banyak orang. Orang biasanya menggunakan baby potato atau kentang yang kecil-kecil, sehingga tidak perlu dipotong saat diolah. Kentang adalah sumber serat yang baik, yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kenyang lebih lama.
  5. Rendang jantung pisang
    Unik dan tak biasa, namun rupanya jantung pisang atau orang Jawa menyebutnya sebagai “ontong” juga bisa dibuat menjadi rendang. Jantung pisang yang dibuat rendang memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan daging, namun memiliki tekstur lebih lembut dan mudah dikunyah. Menurut penelitian jantung pisang kaya akan nutrisi, termasuk serat, antioksidan, dan berbagai mineral. Penelitian juga menunjukkan bahwa jantung pisang dapat membantu kesehatan pencernaan, mencegah pembesaran prostat, mendukung kesehatan tulang, dan membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Hoaks! Mabes Pastikan Tidak Ada Biaya Tilang Baru dari Kapolri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...