Home Daerah Hendi Luncurkan Sederet Program Baru Khusus Hari Selasa di Semarang

Hendi Luncurkan Sederet Program Baru Khusus Hari Selasa di Semarang

TELENEWS.ID – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, membuat langkah besar guna memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni lalu, dimana membuat sejumlah program baru guna mengajak masyarakat untuk lebih menghargai dan menjaga lingkungan.

Uniknya program Hendi ini akan berlangsung setiap hari Selasa yang dimulai pada 8 Juni 2021 mendatang. Program ini akan mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dengan cara mudah dan praktis, pasalnya bisa menggunakan sampah untuk jadi tiket keberangkatan.

Hendi memberikan kompensasi setiap hari selasa, masyarakat yang menggunakan transportasi umum yaitu BRT Trans Semarang dapat mengganti harga tiket keberangkatan dengan sampah botol plastik. Kebijakan ini ditetapkan guna mendorong upaya penggunaan transportasi umum demi mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak, mengurangi emisi gas buang dan mengurai tingkat kemacetan di jalan raya.

Kabar terbaru ini bahkan dikatakan Hendi secara daring dari akun media sosial miliknya, @hendrarprihadi, pada kamis (03/06/2021) dalam captionnya tertulis, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memberlakukan tarif khusus di hari Selasa yaitu nol rupiah, tarif ini akan diberikan pada pengguna yang menularkan botol plastik.

“Harapannya ketika sedulur-sedulur beralih ke transportasi umum, maka emisigas buangan kendaran bisa berkurang, ini akan membuat kualitas udara khususnya di Kota Semarang semakin baik dan bersih, selain itu juga mengatasi masalah kemacetan” ujarnya.

Kebijakan ini sendiri mulai berlaku pada 8 Juni 2021 hingga 6 Juli 2021, dimana baru ada empat shelter yang menerima penukaran botol plastik dengan tiket keberangkatan yaitu di Halte BRT di Balai Kota, Imam Bonjol, Simpang Lima dan Elizabeth.

Berapa banyak botol plastik yang harus dibawa masyarakat untuk mendapatkan satu tiket keberangkatan BRT Trans Semarang? Sudah terdapat ketentuannya yaitu dengan tiga buah botol ukuran 1.500 ml, bisa juga dengan lima buah botol plastik dengan ukuran 600 ml atau tujuh buah botol ukuran 330 ml, bisa juga dengan menukarkan dengan 10 gelas plastik berukuran 220ml.

Baca juga :  Pemkot Yogyakarta Beri Izin Pasar Sore Ramadhan, Asal Drive Thru

Hendi berharap cara ini dapat mendorong masyarakat untuk mengurangi sampah dan mengurangi emisi gas buang kendaraan. Kebijakan ini juga diterapkan Hendi untuk meningkatkan minat penggunaan kendaraan umum bagi masyarakat dalam rangka upaya untuk menurunkan tingkat polusi di Kota Semarang.

Bukan hanya promo tiket keberangkatan BRT Trans Semarang, Hendi juga menerapkan kebijakan hari selasa lainnya, yaitu pembatasan penggunaan kendaraan umum. Hal ini bahkan sudah tertuang dalam Surat Edaran No B/3988/551.32.VI/2021, bahkan dalam SE tersebut Hendi mengharuskan pada semua pegawai Pemkot Semarang untuk menggunakan transportasi umum, khususnya saat berangkat dan pulang kerja.

Baca juga :  Hari Pertama Uji Coba Tatap Muka, Ganjar Beri Kejutan SMA Negeri 1 Ungaran

Kebijakan ini ternyata bukan hanya menyasar pegawai Pemkot Semarang saja, namun juga masyarakat secara menyeluruh. Memang Hendi tidak memberikan pembatasan penggunaan kendaraan tetapi ada biaya tambahan yang akan diberikan pada pengguna kendaraan pribadi.

Nantinya pengguna kendaraan pribadi di hari selasa akan dikenakan biaya parkir insidentil atau parkit umum sekaligus biaya progresif atau parkir khusus. Adanya kebijakan ini diharapkan membuat masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan umum dan beralih pada transportasi umum. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...