Home Internasional Hewan Laut Ini Bisa Hidup 'Abadi'

Hewan Laut Ini Bisa Hidup ‘Abadi’

TELENEWS.ID – Hidup abadi merupakan impian bagian sebagian umat manusia di bumi. Hal tersebut nyatanya bisa dilakukan oleh seekor hewan laut kecil dengan cara regenerasi sesuka hati. 

Hewan tersebut adalah Turritopsis Dohrnii, sejenis ubur-ubur mungilnya yang habitatnya tersebar di berbagai lautan seluruh dunia. Ia merupakan satu dari sedikit makhluk yang mampu membalik siklus hidupnya berulang kali, sehingga mendekati ‘hidup kekal’.

Untuk mengetahui dengan pasti bagaimana ubur-ubur tersebut bisa ‘mencurangi kematian’, ada baiknya kita tilik siklus hidupnya. Dikutip dari media BBC, Turritopsis Dohrnii mengawali hidupnya sebagai larva yang menempel di bebatuan dasar laut.

Setelah menempel dengan baik, larva tersebut kemudian akan bermetamorfosa menjadi ‘polyp’, yakni struktur berbentuk tabung dengan mulut di ujung dan semacam kaki di sisi lain yang kemudian bisa mengkloning dirinya sendiri dalam jumlah besar.  

Proses ini menjadi dasar tahap selanjutnya siklus hidup ubur-ubur yaitu ephyra (ubur-ubur kecil) dan medusa, yang merupakan tahap bentuk dewasa sepenuhnya dan mampu bereproduksi.

Setelah mendekati ‘ajal’ karena terluka maupun kelaparan, ubur-ubur ini kemudian bergerak menuju dasar lautan dengan tubuh yang mulai rusak. Namun alih-alih mati dan membusuk, sel-sel mereka beregenerasi dan tumbuh menjadi polip, dan kemudian mengulangi siklus menjadi ubur-ubur baru.

Dengan siklus tersebut, jika tidak ada bahaya eksternal seperti dimangsa hewan laut lain ataupun mengalami kecelakaan parah hingga tubuhnya lenyap tak berbekas, ubur-ubur Turritopsis Dohrnii akan bisa hidup selamanya. 

Kendati bentuknya tak akan pernah sama dengan sebelumnya, namun kehebatan regenerasi Turritopsis Dohrnii tentu akan membuat iri makhluk hidup lain, terutama manusia, yang telah mendambakan kekekalan raga sejak lama. 

Sampai saat ini, manusia masih terus memanfaatkan akal budi dan kecerdasannya untuk menemukan rahasia hidup abadi. Sejumlah ilmuwan pun telah mengusulkan sejumlah metode futuristik demi mencapai hal tersebut, mulai dari terapi regenerasi sel, merancang tubuh android dari mesin, hingga metode cryostasis atau pembekuan sementara.

Baca juga :  Amerika Serikat akan Tarik Pajak YouTuber Indonesia

Akankah para ilmuwan berhasil mereplika metode ubur-ubur ini dan mengaplikasikannya ke sel manusia kelak? (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...