Home Travel Kuliner Hidangan Khas di Jawa Tengah, Kamu Wajib Coba!

Hidangan Khas di Jawa Tengah, Kamu Wajib Coba!

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Banyak daftar hidangan terbaik dan populer di kawasan Jawa Tengah yang selama ini diburu pecinta kuliner. Traveling ke semua tempat kuliner khas Jawa Tengah pastinya memberi pengalaman menarik. Sampai akhirnya ada kesimpulan dimana Anda bisa menikmati banyak hidangan terbaik dan pastinya memberi konsep mencicipi hidangan khas yang memiliki cita rasa unik.

Bagi pecinta kuliner perlu mencoba beberapa hidangan khas di Jawa Tengah yang sudah populer di berbagai kota baik itu Semarang, Pati, dan masih banyak lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat seperti apa daftar hidangan khas dari Jawa Tengah yang perlu Anda coba.

1.Sego Kucing
Tentu saja menu makanan sego kucing ini tidak hanya populer di kawasan Yogyakarta. Ketika Anda memasuki daerah Jawa Tengah seperti Magelang, Wonosobo, Semarang dan lainnya sudah pasti ada gerai angkringan yang menjual sego kucing.

Dari cita rasa sego kucing ini terbilang sederhana dan murah, kemudian ada ciri khas yang dijual di angkringan dengan berbagai macam menu tambahan menarik untuk memuaskan semua pengunjung.

2.Nasi Gandul
Berikutnya Anda bisa menikmati hidangan populer terutama di daerah kota Pati bernama Nasi Gandul. Cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 12.000 sampai Rp 20.000 Anda bisa menikmati hidangan Nasi Gandul.

Bahkan Nasi Gandul ini biasa disajikan dengan tambahan lauk berupa daging sapi, kemudian kuah segarnya. Rasa gurih dan pulennya nasi uduk membuat Nasi Gandul ini diperhitungkan sebagai hidangan terbaik dan populer di Kota Pati, Jawa Tengah.

Pada dasarnya Nasi Gandul ini cukup populer karena terlihat sederhana, murah, dan pastinya memberi cita rasa menarik dari aspek empuknya daging sapi dan juga rempah di setiap kuahnya.

3.Tengkleng Gajah
Menu tengkleng gajah sendiri bisa dikonsumsi sebagai makanan terbaik dan populer saat ini di Jawa Tengah. Menu makanan ini memiliki bahan dasar daging kambing. Sedangkan proses penyajiannya juga terbilang menarik karena dari porsinya sendiri terbilang cukup banyak.

Resep kuah dan pengolahan daging kambing menjadi kunci utama dari mendapatkan hidangan kuliner populer di Jawa Tengah ini. Kemudian tengkleng gajah ini bisa dijumpai di Magelang ataupun di Semarang dengan kisaran harga Rp 30.000 sampai Rp 40.000.

Hati-hati bagi penderita diabetes yang mana menu tengkleng gajah ini memiliki tingkatan kolesterol tinggi dan bisa memberi efek terhadap peningkatan gula darah, sehingga harus berhati-hati saat mengkonsumsinya.

4.Nasi Grombyang
Banyak hal menarik dimana nasi grombyang juga dikenal sebagai makanan menarik dan khas dari Jawa Tengah. Hidangan satu ini menjadi makanan khas Pemalang yang juga dijual di tepi jalan.

Cita rasa dari nasi grombyang ini terbilang menarik karena pengolahan daging sapi sebagai komposisi utama kemudian kuahnya yang kental membuat penyajian menu hidangan satu ini terlihat spesial. Maka dari itu saat Anda berlibur ke Pemalang jangan lupa cicipi dari hidangan khas satu ini karena biasa dihadirkan di warung tepi jalan dengan kisaran harga Rp 15. 000 sampai Rp 20.000 setiap porsinya.

5.Nasi Goreng Tembakau
Bisa dikatakan ada konsep utama dimana nasi goreng tembakau menjadi hidangan populer yang berasal dari Temanggung. Sampai saat ini nasi goreng tembakau ini diolah dengan proses hampir sama seperti umumnya, tetapi dari aspek bumbunya masih dicampur dengan tumbukan biji tembakau.

Karena itu saat dihadirkan sebagai satu standar olahan nasi goreng tembakau yang mana bisa memberi pengalaman terbaik untuk menjadi salah satu konsep dasar manfaat biji tembakau sebagai bahan rempahnya.

Hidangan nasi goreng tembakau ini dibanderol sebesar Rp 14.000 sampai Rp 17.000 saja.

Perlu diperhatikan dalam memilih gerai makan di Jawa Tengah. Sebaiknya cermati dari pemilihan gerai makan yang populer saja untuk mendapat cita rasa terbaik dan pastinya tidak mengecewakan. (Stefanus Bernadi)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...