Home Travel Destinasi Mengintip Hiliwuku dan Padang Savana Nan Indah di Negeri Seribu Bukit, Sumba...

Mengintip Hiliwuku dan Padang Savana Nan Indah di Negeri Seribu Bukit, Sumba Timur

TELENEWS.ID – Selain pantai cantik yang masih alami, ternyata Sumba juga memiliki bukit-bukit dan hamparan savana nan mempesona.

Bukit-bukit tersebut berada di wilayah Sumba Timur, maka tak heran jika Sumba Timur juga disebut sebagai Negeri Seribu Bukit karena wilayahnya yang dikelilingi oleh perbukitan indah seperti bukit Wairinding, Mauhau, Tenau, Tanarara, Persaudaraan, Mauliru dan masih banyak lagi.

Namun ada salah satu Bukit yang sangat indah dan paling sering dikunjungi wisatawan yaitu Bukit Hiliwuku.

Bukit Hiliwuku terletak di Desa Persiapa Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Untuk mencapai bukit Hiliwuku membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, atau berjarak sekitar 35 km dari Kota Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, yaitu hanya mengikuti jalur Trans Nasional Sumba menuju arah Timur atau ruas jalan Waingapu – Melolo hingga sampai ke lokasi bukit Hiliwuku ini.

Bukit Hiliwuku diselimuti dengan hamparan savana yang indah di sepanjang gugusan bukit, sehingga bukit ini dikenal dengan nama Bukit Teletubbies.

Hamparan Bukit Hiliwuku jika dilihat dari atas terlihat bergelombang indah, karena bukit ini memiliki ukuran yang beragam, dari kecil hingga besar.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Hiliwuku?

Jika Anda ingin mengunjungi Bukit Hiliwuku diselimuti rerumputan hijau, maka Anda bisa datang sekitar bulan September sampai November, karena pada bulan ini memasuki musim hujan sehingga rumput disekitarnya tumbuh dengan subur.

Dan jika Anda ingin melihat Bukit Hiliwuku diselimuti hamparan savana berwarna emas kecoklatan, maka Anda bisa datang sekitar bulan Mei hingga Juli, karena pada bulan ini memasuki musim kemarau sehingga rumput disekitarnya akan mulai mengering.

Jadi, Bukit Hiliwuku terlihat sama cantiknya di dua musim yang berbeda. Bagi penggemar fotografi ini adalah lokasi terbaik di siang hari untuk mendapatkan gambar dengan latar belakang savana seperti di Australia.

Sedangkan pada malam hari barisan pemandangan bukit ini semakin terlihat indah dengan langit yang dihiasi bintang – bintang. Jika beruntung, bisa terlihat indahnya galaksi bima sakti. Hal ini
karena langit Sumba masih terjaga dari polusi cahaya, sehingga gugusan bintang terlihat jelas dari atas bukit Hiliwuku ini.

Baca juga :  Garuda Salah Satu Maskapai Dengan Protokol Kesehatan Terbaik Dunia

Selain hamparan savana berbukit, Sumba Timur juga memiliki savana yang tak kalah indah dengan kontur lebih datar dibanding savana yang terdapat di Bukit Hiliwuku.

Savana bernama Puru Kambera ini berada di Desa Mondu, Sumba Timur. Bisa ditempuh dari kota Waingapu melalui Jl. Adisucipto berjarak sekitar 48,2 km atau memakan waktu sekitar 1 jam 28 menit.

Savana Puru Kambera biasa untuk menampung habitat kuda liar atau sering disebut Kuda Sumba dengan tujuan agar bisa hidup dengan baik di alam. Bagi wisatawan, savana ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi sesuka hati sekaligus mereka dapat menonton hewan tersebut secara langsung.

Waktu terbaik untuk mengunjungi savana ini adalah saat musim panas. Pada bulan Mei-Juli, savana ini terlihat berwarna gradasi hijau kuning keemasan dengan iklim panas berangin. Dan memasuki bulan Agustus-September, pemandangan savana akan berubah menjadi kecokelatan disebabkan mulai masuk musim kering. Kuda Sumba juga sering terlihat pada saat itu, karena habitat kuda ini biasanya makan rumput hanya pada saat musim panas.

Baca juga :  Garuda Juara Bertahan Maskapai Internasional Terbaik Dunia

Selain rerumputan, savana Puru Kambera juga menjadi rumah bagi beberapa pohon besar. Panorama tersebut terlihat semakin indah saat musim panas dikarenakan rerumputan yang menguning. Terlihat mirip dengan savana Afrika.

Wsatawan yang berkunjung sebaiknya mengenakan topi dan membawa perbekalan air yang cukup.

Walaupun savana ini letaknya berdekatan dengan pantai, uniknya tidak terdengar deburan ombak dari laut ini. Suasananya sungguh tenang dan membuat hati terasa damai. Terlebih bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tempat ini sangat direkomendasikan apabila sedang mencari tempat liburan yang hening tapi indah mempesona.

Penulis : Dwi Eppy

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Masa Depan Messi dan Barcelona Dipertanyakan

TELENEWS.ID- 15 tahun berkarir sebagai pemain profesional di klub raksasa Spanyol. Karir penyerang andalan klub Barcelona Lionel Messi masih menjadi spekulasi.

IBM Peringatkan Adanya Kelompok Spionase Sasar Distribusi Vaksin Covid-19

TELENEWS.ID – Perusahaan konsultan teknologi multinasional IBM memperingatkan adanya sekelompok peretas yang menargetkan perusahaan-perusahaan distributor vaksin Covid-19. IBM menuliskan...

Pemerintah Akan Datangkan Bus dari Indonesia untuk Layani Jemaah Umrah dan Haji

TELENEWS.ID - Dalam upaya mendukung pelaksanaan ibadah umrah dan haji pasca pandemi Covid-19, pemerintah berencana akan mengupayakan ketersediaan bus-bus buatan Indonesia yang...

Bank Indonesia Optimis Ekonomi Nasional Pulih Di Tahun 2021

TELENEWS.ID - Bank Indonesia menyatakan optimis, ekonomi Indonesia akan segera pulih di tahun 2021 dengan adanya penguatan sinergi di semua lini, lima...