Home Ekonomi Bisnis Holding Pangan RI Ala Erick Tohir Resmi Disahkan

Holding Pangan RI Ala Erick Tohir Resmi Disahkan

TELENEWS.ID – Menteri BUMN, Erick Tohir sudah sejak lama menyuarakan akan membentuk holding BUMN. Hal ini dilakukan dengan tujuan menciptakan nilai tambah, efisiensi, penguatan distribusi, dan inovasi bagi model bisnis.

Holding BUMN juga akan membuat perusahaan BUMN tetap kompetitif dimasa pandemi covid-19 yang saat ini sudah memasuki babak baru dengan munculnya Omicron. Mengutip dari pemberitaan MNC Portal Indonesia, ada tiga holding perseroan yang akan dibentuk.

Ketiga holding tersebut diantaranya, holding pertahanan, holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, serta holding BUMN Pangan. Sedangkan payung hukum yang disiapkan pemerintah untuk mengawasi dan menjaga pengelolaan holding BUMN ini adalah dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP).

Rencananya setelah PP untuk Holding BUMN terbit sekaligus mengesahkan berdirinya salah satu dari ketiga Holding yang direncanakan, pemerintah akan menerbitkan PP juga terkait Penyertaan Modal Negara (PMN) BUMN Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 72,449 triliun untuk 12 anak perusahaan BUMN.

Pada Jumat, 31 Desember 2021 lalu Presiden Joko Widodo resmi menyetujui pembentukan holding pangan BUMN dengan menandatangani PP nomor 118 Tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara terhadap PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Dengan ini seluruh penyertaan modal negara berupa saham dari anggota BUMN Pangan dialihkan seluruhnya ke RNI. Ada pun anggota BUMN pangan yang dimaksud antara lain PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari dan PT Garam.

Pada 7 Januari 2022, kementerian BUMN melakukan penandatanganan akta inbreng saham pemerintah antara RNI dan kelima BUMN Pangan. Selain peraturan pemerintah, holding BUMN Pangan ini juga dilengkapi dengan surat keputusan menteri keuangan (KMK) nomor 555/kmk.06/2021 tentang Penetapan Nilai Penyertaan Modal Negara ke dalam modal saham PT RNI Persero yang telah ditandatangani Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Baca juga :  Di Hari Pahlawan, Lalamove Apresiasi Mitra Bisnis dan Mitra Pengemudi yang Terus Berjuang di Masa Pandemi

Direktur utama RNI, Arief Prasetyo Adi mengatakan terbentuknya Holding BUMN Pangan merupakan perwujudan visi misi pemerintah dalam melaksanakan transformasi pangan. Transformasi ekosistem pangan yang terintegrasi, sehingga menjadi solusi untuk meningkatkan inklusivitas dan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan. Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury mengatakan pembentukan holding BUMN Pangan ini mengoptimalkan aset potensial dan logistik, serta penerapan teknologi dan digitalisasi bisnis.

Direncanakan pada awal tahun 2022 ini, Holding BUMN Pangan akan merilis nama brand dan logo terbaru. Adapun dalam agenda yang telah disusun, Menteri BUMN, Erick Tohir akan ikut dalam perilisan ini.

Sebelumnya Holding BUMN Pertahanan juga sudah dibentuk dengan PT Len Industri (Persero) menjadi induk holding. Erick Tohir sendiri menunjuk Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama PT Len Industri (Persero).

Baca juga :  Deretan Bisnis Ternak dengan Nilai Untung Puluhan Juta, yuk Cek Daftarnya

Selain itu Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata sudah lebih dulu terealisasi. Holding ini resmi dibentuk dibawah PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

Holding ini direalisasikan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah nomor 48 Tahun 1991 tentang pengalihan bentuk perusahaan umum (Perum) Survai Udara (Penas) menjadi perusahaan perseroan (Persero). (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...