Home Nasional Hore! Kominfo Sudah Berhasil Blokir 21 Ribu Konten Radikal Terorisme

Hore! Kominfo Sudah Berhasil Blokir 21 Ribu Konten Radikal Terorisme

TELENEWS.ID – Kabar baik bagi keamanan dunia siber nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia mengabarkan telah berhasil memblokir sebanyak 21,330 konten radikalisme berbau terorisme di berbagai forum dan media sosial.

Berita gembira itu disampaikan oleh Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi. Ia mengungkap bahwa pihaknya secara konsisten terus berkomitmen untuk menindak tegas konten radikalisme khususnya yang mengarah pada terorisme di ruang digital sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Penanganan konten radikalisme terorisme terus dilakukan secara berkesinambungan melalui sinergi solid antara Kementerian Kominfo, Densus 88 Polri, BNPT serta lembaga terkait lainnya,” cetus Dedy.

Adapun jumlah 21,330 konten radikalisme terorisme tersebut berhasil diblokir dalam rentang waktu tahun 2017 silam hingga 22 Juni 2021. Pada saat yang sama, Kominfo juga memberikan dukungan teknis bagi kementerian dan lembaga lain yang bertanggungjawab dalam penanganan tindak pidana terorisme.

Selain pemblokiran, Dedy juga menyebut bahwa penyebaran informasi positif pun terus dilakukan sebagai bagian dari upaya penanggulangan konten radikalisme terorisme yang menyebar di kalangan masyarakat. Hal tersebut dilakukan lewat koordinasi yang baik dengan kementerian atau pihak lembaga terkait.

Penyebaran konten radikalisme terorisme lewat media internet memang makin mengkuatirkan di beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, mantan narapidana teroris, Haris Amir Falah, mengatakan ada pergeseran pola dalam aksi-aksi terorisme belakangan ini. Kalangan wanita dilibatkan karena dianggap lebih militan.

Selain itu, kata Haris, para wanita yang terlibat jaringan terorisme tersebut mengajak suami-suaminya. Bukan lagi para suami yang mengajak istrinya seperti dahulu. “Sekarang itu trennya wanita. Bahkan dari beberapa yang saya temukan di lapangan itu justru wanita lebih militan daripada laki-laki,” ujarnya pada bulan April silam.

Baca juga :  Dirjen IKP Kominfo : Momentum Covid-19, Bangkitkan Rasa Nasionalisme Dalam Meningkatkan Pariwisata Domestik

Guna memperkokoh ketahanan masyarakat dari informasi negatif, terutama konten berbau radikalisme terorisme, Kominfo pun semakin menggalakkan kegiatan literasi digital di 514 kabupaten / kota di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Dedy juga menghimbau kepada publik untuk langsung melakukan pelaporan jika menemukan adanya indikasi konten berbau radikalisme terorisme di internet. Pemberian informasi kepada pihak berwenang bisa dilakukan lewat situs aduankonten.id ataupun kanal-kanal pelaporan lain yang telah disiapkan pemerintah. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...