Home Metropolitan Hujan Tiba, Pemprov DKI Jakarta Membeli Pompa Baru

Hujan Tiba, Pemprov DKI Jakarta Membeli Pompa Baru

TELENEWS.ID – Mengantisipasi banjir dan juga musim hujan, Pemprov DKI Jakarta melakukan pengadaan untuk pompa baru. Pompa-pompa ini nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan sumur resapan yang saat ini sudah banyak tersedia di Jakarta. Pemeliharaan sumur resapan ini nantinya akan langsung dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air di masing-masing wilayah kota yang ada di DKI Jakarta.

“Pemeliharaannya kita sudah bahas kemarin itu lewat mekanisme soal kelola sudin-sudin dengan pengadaan pompa-pompa kuras. Nih lagi ada pengadaan, nanti sudin-sudin yang mengelola,” ujar Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faisal dalam rapat kerja bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Dinas SDA berharap dengan adanya sumur resapan ini akan membantu kinerja dari waduk di DKI Jakarta untuk bisa menampung air. Selain itu, dirinya juga memastikan bahwa pembangunan sumur resapan masih akan dilakukan tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi musim hujan yang akan datang nantinya.

Pembangunan sumur resapan ini nantinya direncanakan akan meluas, bahkan sampai ke wilayah perkantoran di DKI Jakarta. Konsep yang digunakan adalah konsep zero run off atau nihil pembuangan.

“Lewat sumur-sumur dalam nah itu akan kita rencanakan di program kita ini mem-backup waduk-waduk sekitar waduk kita itu agar supaya airnya bisa dimasukkan ke tanah pakai sumur-sumur dalam. “Lewat sumur-sumur dalam nah itu akan kita rencanakan di program kita ini mem-backup waduk-waduk sekitar waduk kita itu agar supaya airnya bisa dimasukkan ke tanah pakai sumur-sumur dalam.” ungkap Yusmada Faisal.

Proses pemeliharaan sumur resapan ini diusulkan supaya diserahkan kepada pihak ketiga. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Syarif karena pengerjaan tersebut agak berat. Dirinya mengusulkan agar ada pihak ketiga yang nantinya akan menggunakan alat berat, karena dalam proses pemeliharaan sumur resapan ini akan menebang pohon. Saat ini, perawatan dari sumur resapan masih dilakukan oleh PJLP atau Penyedia Jasa Lainnya Perorangan.

Baca juga :  Polsek Ciracas di Serang Sekelompok Orang Tak dikenal

“Kita lihat karena dari awal kemarin sudah kita sepakati. Sumur resapan itu umumnya adalah sedimentasi banyak lumpur-lumpur di sana. Jadi hanya butuh pengurasan supaya pipa-pipa itu terbuka lagi. Nah, Itu kita coba dulu lah dengan tenaga-tenaga bahkan PJLP kita sekarang membangun sumur resapan di sudin-sudin juga cukup ampuh dengan bikin apa, dengan hal alat-alat itu nanti kita coba lihat tipenya, Pak. Tipe sumur resapannya seperti apa,” Ujar Yusmada.

Anggaran Besar, Namun Kurang Efektif

Anggaran untuk membangun sumur resapan ini mencapai angka Rp. 416 Miliar rupiah pada tahun 2021, namun untuk tahun 2022 ini, DPRD DKI Jakarta mencoret anggaran tersebut. Alasan pertama, karena pembangunan sumur resapan tersebut dinilai tidak sesuai dengan tujuan.

Berikutnya, pembangunan sumur resapan yang dilakukan oleh pemborong juga terlihat asal-asalan dan lebih cenderung ke kejar target saja. Hal ini juga yang memicu adanya sumur resapan yang rusak hingga membuat bahaya pengguna jalan raya atau juga pejalan kaki.

Baca juga :  Biden Sebut Jakarta Tenggelam, Inilah Strategi Anies

Sebelumnya, Badan Anggaran Pemprov DKI Jakarta mengajukan anggaran sekitar Rp. 300 Miliar untuk pembangunan sumur resapan. Namun, dinilai kurang efektif dalam mengatasi masalah banjir, maka DPRD DKI Jakarta harus mencoret anggaran tersebut. Namun, DPRD DKI Jakarta tidak mencoret seluruhnya, melainkan hanya mengurangi anggarannya hingga mencapai Rp. 120 Miliar.

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif pada bulan Desember 2021 lalu mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sedang mengalami defisit anggaran. Padahal, banyak pekerjaan prioritas yang juga tidak membutuhkan anggaran yang lebih besar. Namun, dirinya tidak merinci lebih mendalam lagi mengenai pekerjaan prioritas yang dimaksud tersebut. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...