Home Gaya hidup Kesehatan Ilmuwan Sebut 150 Tahun Adalah Batas Umur Manusia

Ilmuwan Sebut 150 Tahun Adalah Batas Umur Manusia

TELENEWS.ID – Berbicara batas umur manusia adalah rahasia Tuhan, namun beberapa ilmuwan mencoba mencari tahu hal tersebut melalui penelitian terbaru.

Menurut penelitian yang telah diverifikasi secara ilmiah sebelumnya, wanita asal Perancis bernama Jeanne Calment menjadi manusia tertua yang pernah hidup saat lahir pada tahun 1875 dan meninggal dunia pada usia 122 tahun 164 hari.

Lalu pertanyaannya adalah apakah manusia dapat hidup lebih lama? Jawabannya adalah ya. Tapi pada saat yang sama ada kemungkinan tentang batasan umur manusia untuk hidup.

Beberapa peneliti yaitu Konstantin Avchaciov, Timothy V Pyrkov, Andrei E Tarkhov, Andrei V Gudkov, Leonid I Menshikov dan Peter O Fedichev mengklaim bahwa batasan umur manusia kemungkinan 150 tahun dan hal itu diterbitkan dalam sebuah jurnal Nature.

Menurut para peneliti, rentang usia tersebut melalui pertimbangan tubuh manusia yang akan kehilangan kemampuan untuk pulih dari penyakit dan cedera.

Meskipun diakui bahwa manusia yang berusia lebih tua tidak akan memiliki kekuatan seperti yang lebih muda terkait pemulihan dari cedera atau penyakit, tidak ada teori yang dapat menjelaskan tentang batasan pasti tentang umur manusia.

Akan tetapi para peneliti yakin bahwa ada cara atau terapi yang bisa membantu memperpanjang ketahanan tubuh manusia, misalnya dengan gaya hidup lebih sehat.

Dikutip dari Live Science, salah satu peneliti bernama Timothy V Pyrkov mengatakan bahwa manusia rata-rata menghabiskan lebih sedikit waktu mendekati keadaan fisiologis optimal.

Melalui studi tersebut, data medis dan juga aplikasi iPhone dari relawan di Amerika Serikat dan Inggris digunakan oleh para peneliti. Kemudian berbagai informasi tentang kesehatan dan penyakit diolah menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Hasilnya, para ilmuwan berpendapat bahwa umur manusia ditentukan oleh dua faktor yaitu usia biologis mencakup stres, penyakit kronis dan gaya hidup. Kemudian yang berikutnya adalah ketahanan atau bisa dibilang tentang bagaimana tingkat ketangguhan manusia untuk kembali normal setelah mengalami stres.

Baca juga :  Temuan Ini Ungkap 'Gas Tertawa' Lebih Efektif Obati Depresi Ketimbang Antidepresan

Melalui data yang tersedia, para ilmuwan memperhitungkan bahwa pada umur 120-150 tahun, tubuh manusia akan kehilangan total ketahanan sehingga kemampuan pulih dari berbagai penyakit atau stres juga turun drastis. (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...